Tahun Baru, 4.326 Wisatawan Serbu Kepulauan Seribu

0
101
Tahun Baru, 4.326 Wisatawan Serbu Kepulauan Seribu
Tahun Baru, 4.326 Wisatawan Serbu Kepulauan Seribu

DUTAMEDAN.COM – KEPULAUAN SERIBU, SEKITAR 4.326 wisatawan domestik menyeberang ke Kepulauan Seribu pada, Selasa (31/12/2019), untuk merayakan tahun baru di berbagai pulau yang ada di Utara Jakarta, seperti Pulau Bidadari, Pari, Pramuka dan lainnya. Umumnya wisatawan menyerbu Pulau Seribu karena dianggap menjadi salah satu tujuan pilihan dalam menghabiskan waktu sembari menikmati keindahan wisata bahari Indonesia.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan Dishub DKI Jakarta Dedy Dwi Widodo mengatakan, hingga siang tercatat 4.326 orang telah menyeberang melalui Pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara. “Untuk hari ini ada 4.325 penumpang yang berangkat ke Kepulauan Seribu,” kata Dedy kepada wartawan di lokasi, Selasa (31/12/2019).

Dilanjutkan, untuk mengakomodasi ribuan penumpang tersebut dikerahkan tiga kapal milik Dishub DKI Jakarta, 29 kapal tradisional dan satu kapal milik perusahaan swasta. Ribuan orang yang berangkat ke Kepulauan Seribu merupakan wisata lokal dan mancanegara. “Tahun ini meningkat pesat dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu kan ada tsunami Banten ya,” ujar Dedy seperti dilansir laman Kompas.

Ia turut menyampaikan bahwa Pulau Tidung dan Pulau Pari menjadi destinasi favorit saat tahun baru ini. Dan keberangkatan kapal dari pelabuhan Kali Adem menuju berbagai pulau di Kepulauan Seribu rata-rata berangkat pada pukul 08.00 WIB pagi “Satu hari satu kapal itu cuma satu trip, maksimal dua trip lah,” ujar Denny menambahkan tidak ada kenaikan tarif menyeberang dari Pelabuhan Kali Adem. Rentang harganya antara Rp 40.000-Rp 75.000

Sementara, Suku Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Seribu, Cucu Kurnia menargetkan sebanyak 5.000 wisatawan akan mengunjungi Kepulauan Seribu. Kunjungan pun, akan dimulai pada H-2 pergantian tahun. “Untuk akhir tahun ini nanti sekitar 5.000 wisatawan akan mengunjungi Kepulauan Seribu, diprediksi H-2 para wisatawan sudah berdatangan,” ungkap Cucu

Baca Juga:  1.238 Turis Kapal Pesiar Sandar di Tanjung Emas

Dikatakannya, para wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan datang dari berbagai dermaga, seperti Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir, Rawasaban, dan lainnya. “Begitu pun untuk tujuannya, ada banyak pulau eksotis di Kepulauan Seribu,” paparnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal ini, para pengelola Pulau Resort juga diimbau untuk menghadirkan hiburan menarik, serta aneka promo lainnya untuk memikat wisatawan berkunjung, seperti live band, fun games, doorprize dan kembang api.

“Tentunya ada hiburan menarik yang kami siapkan, dan juga pengelola diimbau sehingga wisatawan yang berkunjung dapat merasa nyaman, karena diperkirakan akan banyak wisatawan yang akan berlibur ke Pulau Seribu,” jelas Cucu. (*)

Advertisements