Kisah KKN Mahasiswa HKBP Nomensen di Sipolha Horizon

0
211

DUTAMEDAN.COM – 23 mahasiswa Universitas HKBP Nomensen Medan FKIP Pematang Siantar Prodi Matematika, melakukan Progja (program kerja) pengabdian masyarakat di kelurahan Sipolha Horizon Kec. Pamatang Sidamanik Kab Simalungun, sejak 15 juli sampai 19 Agustus 2019.

Ketua panitia, Ryian Damanik (Pandu), mengatakan sejumlah kegiatan yang dilakukan antara lain, mengajar di sekolah TK, SD dan SMP, melakukan les sore. “Dengan melihat kondisi siswa yang kurang mampu dan kurang cepat untuk menangkap pembelajaran saat di pagi hari, maka kami bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan les sore pada pukul 15.00- 16.00 wib, mengajarkan Matematika dan IPA”, ujar Ryian, Jum’at (23/8).

Kegiatan selanjut yakni melakukan gotong royong, menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar. “Melihat kondisi jalan umum di kelurahan tersebut kami dan masyarakat bahu membahu untuk memperbaiki akses jalan pada hari Sabtu, mulai dari membabat rumput, menebangi pohon yang sampai ke jalan dan juga menutup lobang. Di sana kami belajar dan membantu masyarakat ke lahan pertanian mereka, juga agar terjalin komunikasi yang baik mulai dari memanen dan menanam”, tambahnya.

Bersama KKN USU, mahasiswa HKBP membuat acara penyambutan HUT RI Ke 74. “Di sana kebetulan ada kawan-kawan KKN dari USU sehingga kita bekerja sama untuk membuat penyambutan HUT kemerdekaan. Kami membuat perlombaan pada tanggal 13 sampai 15 Agustus. Seperti lomba makan kerupuk, lomba membawa guli pake sendok, joget balon, lomba pancing botol, tarik tambang, catur, voli dan yang nggak kalah serunya adalah lomba panjat pinang.

“Pada tanggal 18 Agustus malam kami mahasiswa Nomensen dan KKN USU melakukan perpisahan bersama masyarakat setempat, yang dihadiri oleh orang tua, pemuda dan anak-anak serta tokoh masyarakat perwakilan dari kelurahan,” pungkas Ryian Damanik.

Baca Juga:  Ilmuwan Prediksi Virus Corona Akan Renggut Hingga 200 Ribu Nyawa di AS
Advertisements