Jalan Protokol Ajumu Rusak, Provsu Diminta Tegur Perusahaan Pembawa Muatan Melebihi Tonase

0
190

DUTAMEDAN.COM – Potret jalan protokol Ajamu yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Mulai dari sepanjang jalan Sei Pinang hingga jalan menuju simpang Ajamu kondisi jalan tampak dengan kasat mata kondisinya berlobang-lobang (rusak).

Hasanul Habibi, aktivis muda asal Ajamu Kecamatan Panai Hulu, sangat prihatin dengan keadaan kondisi jalan akses masyarakat Panai Hulu ini. “Saya yakin bahwasanya masyarakat Panai Hulu resah dengan kondisi jalan yang seperti ini. Karena dapat mengakibatkan korban kecelakaan di jalan, apalagi ini adalah jalan akses anak menuju ke sekolah. Hal ini dapat berindikasikan jatuhnya korban, apalagi dapat merenggut nyawa seseorang apabila terjadi kecelakaan yang diakibatkan menghindari jalan yang rusak tersebut. Dan pada saat keadaan kondisi malam hari, masyarakat yang melintasi jalan tersebut harus berhati-hati penuh dikarenakan jalan yang rusak tidak dapat kita lihat dengan jelas”, ujarnya, Jum’at (30/8).

“Saya menduga bahwasanya yang mengakibatkan jalan ini rusak adalah truk-truk yang over tonase (kelebihan beban) yang tidak sepadan atau sesuai dengan kapasitas berat maxsimum jalan tersebut. Terkhususnya truk-truk perusahaan yang ada di Panai Hulu yang saya nilai over tonase”, ungkapnya.

Hal ini perlu menjadi sorotan publik khususnya pemerintah maupun pihak yang terkait agar lebih memperhatikan jalan lintas masyarakat Panai Hulu ini, bukan karena hanya perusahaan banyak membayarkan pajaknya sehingga mereka dengan sesuka hati membuat muatan yang over tonase.

“Perlu diketahui masyarakat juga mempunyai hak dan juga ikut membayar pajak tersebut. Untuk itu saya dari perwakilan pemuda Panai Hulu menghimbau kepada pemerintah Provinsi maupun pihak yang terkait agar menegur perusahaan-perusahaan yang ada di Panai Hulu maupun yang melintasi akses jalan protokol Ajamu agar memperhatikan angkutan muatannya, dan bukan hanya saja menegur bila perlu memberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang membuat jalan tersebut rusak”, pungkasnya.

Advertisements