22-23 Juni 2019, International Day of Yoga di Prambanan

0
186
22-23 Juni 2019, International Day of Yoga di Prambanan
22-23 Juni 2019, International Day of Yoga di Prambanan

DUTAMDAN.COM – YOGYAKARTA, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Internasional Yoga ke-5, acara berlangsung pada 22 hingga 23 Juni 2019. Sekitar 1.000 orang dari penjuru dunia, terutama India dan Indonesia akan menghadiri perayaan ini. Besarnya jumlah peserta itu, sesuai event serupa yang diselanggaran pada tahun 2018.

Selain menggelar yoga bersama juga diselenggarakan pameran foto dan beragam panggung seni budaya. Bahkan perayaan ini bukan hanya di Prambanan namun digelar di lima kota besar yakni Bali, Makassar, Surabaya, Medan, dan puncaknya di Candi Prambanan Yogyakarta pada 22-23 Juni 2019 dengan mendatangkan para instruktur yoga dari India.

Yoga kini kian populer, bahkan digandrungi banyak orang. Karenanya Hari Yoga Internasional dijadikan sebagai momen pengingat tentang pentingnya keselarasan antara tubuh dan pikiran atau fisik dan psikis.

Yoga sejatinya adalah olah tubuh tradisional yang dilakukan masyakarat kuno penganut Hindu di India. Tak cuma melatih fisik, kegiatan ini juga berguna untuk melatih kesabaran dan kedisiplinan pelakunya.

Seiiring modernisasi, yoga sudah berkembang menjadi olah tubuh universal, tak lagi dikaitkan dengan satu agama tertentu. Selebriti juga mulai banyak yang mempromosikan yoga sebagai gaya hidup.

Dimulai sejak 2015, Perayaan Hari Yoga Internasional selalu diperingati pada tanggal 21 Juni, hal ini berdasarkan fenomena summers soltice atau hari terpanjang di belahan bumi bagian utara terjadi pada tanggal tersebut.

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi adalah orang pertama mencetuskan Hari Yoga Internasional. Ternyata ide itu didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2014, dan usulan PM Modi pertama kali dirayakan pada 2015.

Tahun 2019, perayaan Hari Yoga Internasional di Candi Perambabab mengambil tema “aksi untuk iklim”. Pasalnya, Yoga dianggap dapat membentuk persatuan antara manusia dengan semua flora dan fauna yang ada di alam.

Baca Juga:  Setelah Kabut Aneh, China Diserbu Ribuan Gagak dan Nyamuk Raksasa

Selain itu, selama perayaan Hari Yoga mewarnai situs jejaring profesional LinkedIn. Mengingat Yoga dianggap sebagai obat mujarab untuk rasa stres dan iri dengki. Solusinya Yoga memberi kelegaan, kegembiraan, kedamaian

Yoga adalah aktivitas fisik, mental, dan spiritual kuno yang berasal dari India. Menyirat situs resmi Hari Yoga PBB, yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti bergabung atau bersatu. Yoga melambangkan penyatuan tubuh dan kesadaran. Yoga telah naik daun dalam beberapa dekade terakhir dengan jutaan orang mempraktikkannya secara teratur.

Sisi lain digelarnya Hari Yoga Dunia di Candi Prambanan, juga mendukung kegiatan pariwisata. Diharapkan event ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman), dari India untuk datang ke Indonesia.

Data mencatat pada April 2019, kunjungan turis Indonesia ke Indonesia sebanyak 48.700 wisman India. Jumlah itu tumbuh 1,4 persen dibandingkan April tahun 2018 mencapai 595.050 wisman. Atau, tumbuh sekitar 9,77 persen dibandingkan tahun 2017.

Advertisements