Hari Dharmasanti Waisak, Walikota Medan Ajak Umat Beragama Menjaga Kerukunan Hidup di Kota Medan

0
162
Hari Dharmasanti Waisak, Walikota Medan Ajak Umat Beragama Menjaga Kerukunan Hidup di Kota Medan
Hari Dharmasanti Waisak, Walikota Medan Ajak Umat Beragama Menjaga Kerukunan Hidup di Kota Medan
DUTAMEDAN.COM – Dalam peringatan Hari Dharmasanti Waisak 2563BE/2019, Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, mengajak seluruh umat beragama untuk menjaga kerukunan hidup dan hubungan kekeluargaan di Kota Medan. Ajakan ini disampaikan Walikota Medan saat menghadiri acara peringatan Dharmasanti Waisak 2563BE/2019 yang diselenggarakan Pemko Medan bekerja sama dengan Walubi Kota Medan di Gedung Uniland, Selasa (18/06/2019). Peringatan Dharmasanti Waisak yang dihadiri seribuan umat Budha di Kota Medan ini pun berlangsung meriah dengan diisi berbagai hiburan dan pertunjukkan tarian multi etnis yang mencerminkan keberagaman suku di Kota Medan.
Walikota Medan, dilansir dari laman Pemkomedan.go.id, Rabu (19/06/2019) dalam sambutannya mengatakan tahun ini peringatan hari Dharmasanti Waisak 2563BE/2019 hanya berbeda beberapa hari dari Hari Raya Idul Fitri 1440 H, namun suasana kondusif masih terus terjaga dengan baik di tanah air. Hal ini dikarenakan sejak lama bangsa Indonesia sangat toleran dan sangat menghormati antara sesama pemeluk agama yang berbeda. “Tentunya kondisi ini harus kita syukurin, sebab sikap tenggang rasa dan tepa selira dalam masyarakat Indonesia menjadi sebuah modal untuk membangun bangsa yang besar dan terus melangkah menjadi bangsa yang maju,” katanya.
Di samping itu, bagi umat Budha sendiri, hari raya Dharmasanti Waisak tentulah hari besar yang penuh makna. Peringatan Dharmasanti Waisak ini juga merupakan salah satu momen untuk menitikberatkan pentingnya menjaga Kebhinekaan dalam kebersamaan. Umat Budha dan seluruh umat beragama ditanah air harus turut menjaga kebhinekaan yang saat ini sedang diuji ketahanannya sebagai akibat dari berbagai pristiwa politik yang terjadi di tanah air. “Karena itu saya mengajak kita semua untuk menjaga kerukunan hidup beragama dan hubungan kekeluargaan di Kota Medan yang sudah terbina dengan baik, agar tetap terjaga secara harmonis dan jangan sampai terkoyak,” ajak Walikota Medan.
Di akhir sambutanya, Walikota Medan berharap di masa kini dan masa mendatang, situasi Kota Medan akan terus terjaga kondusif dan menjadi contoh kota Metropolitan multikultural yang aman, damai dan tentram. Sementara itu, Ketua Walubi Kota Medan, Pandita Ernest Chen dalam kesempatan itu menghimbau agar seluruh umat Budha yang ada di Kota Medan dapat menjaga keharmonisan dengan lingkungan sehingga dapat hidup damai berdampingan. Turut hadir dalam peringatan Dharmasanti Waisak ini unsur Forkopimda Kota Medan, pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan, para majelis agama Budha, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga tokoh umat Budha. (BS09)
Advertisements
Baca Juga:  GKPI Ibadah Minggu Live Streaming, Pdt.Th.A.Sitorus : Ternyata Persekutuan Kita Sangat Mahal