Pengelola Perpustakaan Sekolah se-Aceh Besar Dibekali Diklat Perpustakaan

0
226
Pengelola Perpustakaan Sekolah se-Aceh Besar Dibekali Diklat Perpustakaan
|DUTAMEDAN.COM-Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar menggelar diklat pengelolaan perpustakaan sekolah se-Kabupaten Aceh Besar bertempat di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dan UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Kamis-Minggu ((11-14/04/2019).
Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan MLIS selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan selama 4 hari peserta akan dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), dan implementasi teknologi informasi di perpustakaan.
“Sebanyak 65 peserta yang berasal dari pengelola dan guru pustakawan se Aceh Besar dibekali dengan berbagai keterampilan teknis, nantinya dihari terakhir mereka akan dibekali dengan pelatihan otomasi perpustakaan berbasis software SLiMS dan Inlislite oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan,” kata Nurhayati.
Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg dalam sambutannya berharap semoga setelah pelatihan ini selesai para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar.“Kami mengapresiasi guru, pengelola perpustakan yang bersedia ikut diklat ini, serta berharap setelah diklat ini peserta dapat menjadi pengelola pustaka yang mampu membawa terobosan baru untuk pengembangan perpustakaan kedepan,” ujar Dr Silahuddin..
Selain itu, kata Silahuddin saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar tengah gencar-gencarnya melakukan GLS. Para pengelola perpustakaan sekolah menjadi ujung tombak gerakan literasi di kabupaten Aceh Besar.
Sebelumnya, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan survey perpustakaan sekolah di Aceh secara umum terlihat masih belum dikelola secara baik dan profesional, sehingga pengembangan koleksi yang mendukung kualitas kognitif, afektif dan psikomotorik siswa jauh dari idealisasi yang diharapkan.“Minimnya tenaga fungsional perpustakaan sekolah atau pustakawan merupakan faktor utama dari buruknya manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah di Aceh dewasa ini,” ungkap Fauzi.
Menurut Fauzi, salah satu upaya maksimal yang dilakukan untuk mengisi kekosongan pengelolaan perpustakaan sekolah tersebut adalah keterlibatan para guru dalam proses pengelolaan perpustakaan yang seringkali tidak memiliki pengetahuan khusus tentang hal-hal teknis dan praktis tentang manajemen perpustakaan sekolah/madrasah.
Pelatihan yang diprakarsai oleh Aceh Library Consultant (ALC) bersama dengan KKG PAI SD dan MGMP SMP Kankemenag Aceh Besar turut menghadirkan pemateri dari dosen dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry masing-masing, Drs Khatib A Latief, Zubaidah, Nurhayati Ali Hasan, Mukhtaruddin, Abdul Manar, Nazaruddin dan sejumlah instruktur dari ALC.(Rel)
Advertisements