Seminar Inovasi dan Kreativitas UMKM, Wali Kota Medan Harapkan Pelaku UKM Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

0
210
Seminar Inovasi dan Kreativitas UMKM, Wali Kota Medan Harapkan Pelaku UKM Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

DUTAMEDAN.COM – Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Seminar Inovasi dan Kreativitas UMKM di Hotel Garuda Plaza, Medan, Kamis (28/02/2019). Diharapkan Seminar ini dapat mewujudkan inovasi dan kreativitas para pelaku UMKM untuk memasarkan produk usahanya.

Dalam seminar yang digelar Perusahaan Retail Indomaret Kota Medan bekerjasama dengan Barcode ini, hadir Asisten Direktur HO Indomaret, Hargo Suseno, Kadis Perdagangan, Damikrot, Kepala Cabang Indomaret, Muhammad Lukman, GM Barcode, Susanto dan Ketua FK IKM Medan, Supriadi Adiguna serta peserta dari Para Pelaku UMKM.

Dikatakan Wakil Wali Kota, kekuatan ekonomi adalah UMKM, sebab para pelaku UMKM adalah manusia yang berjiwa wirausaha dan mental tangguh. Artinya mereka memberlakukan masalah bukan sebagai keluhan melainkan menjadi solusi “UMKM kini tidak lagi dipandang sebagai usaha kecil yang tidak berarti bagi perekonomian bangsa, akan tetapi faktanya UMKM dapat menjadi bisnis yang besar. Untuk itu saat ini para pelaku UMKM harus menghadapi tantangan iklim bisnis di tengah kemajuan teknologi industri revolusi 4.0 dengan meningkatkan daya saing,” ujar Wakil Wali Kota.

Menurutnya, pemasaran saat ini sudah memasuki era digital, di mana masyarakat dapat mengetahui suatu produk melalui smartphone. Untuk itu para pelaku UMKM harus mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas agar dapat bersaing.

“Atas nama Pemko Medan, saya mengapresiasi seminar yang digelar oleh Indomaret ini, tentunya ini merupakan bentuk kepedulian dan peran serta stakeholder dalam meningkatkan perekonomian di Kota Medan. Untuk itu saya berharap para pelaku UMKM yang mengikuti seminar ini dengan serius agar memperoleh pengetahuan sehingga dapat berinovasi dan berkreativitas dalam mengembangkan UMKM,” jelas Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota menjelaskan, seiring dengan perkembangan teknologi banyak sektor usaha yang dapat menjadi ladang penghasilan, hal ini dapat dilihat dari munculnya Unicorn yang berasal dari Indonesia salah satunya Bukalapak dan Gojek.

Wakil Wali Kota mengajak setiap pelaku usaha agar serius memikirkan berbagai potensi tersembunyi yang masih bisa dioptimalkan. Dengan begitu bisnis yang dulunya tidak mungkin bisa menjadi mungkin. “Semua mampu diwujudkan jika kita bisa memikirkan aneka bentuk inovasi dan kreativitas yang menuntut kejelian insting wirausaha kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Direktur HO Indomaret, Hargo Suseno menjelaskan bahwa pihak menggelar seminar ini sebagai bentuk kepedulian Indomaret terhadap Pelaku UMKM di Kota Medan. “Melalui seminar ini para pelaku usaha akan diberi ilmu pengetahuan untuk meningkatkan daya saing dan cara memasarkan produk usaha mereka termasuk memasarkan di retail Indomaret yang ada di Kota Medan,” ujarnya.(BS09)

Advertisements