DUTAMEDAN.COM –

KISARAN – Ratusan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) atau honor/kontrak yang tersebar di 25 Puskesmas se-Kabupaten Asahan melakukan aksi unjuk rasa damai di Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Rabu (13/2/2019) sekitar pukul 09:30 wib. Mereka meminta klarifikasi dan mempertanyakan transparansi perekrutan TKS yang baru disebar masing-masing Puskesmas di Kabupaten Asahan.

“Kami para TKS yang sudah lama mengabdi sampai hari ini ada yang digaji perbulannya hanya Rp125 ribu. Sementara para TKS yang baru ditempatkan yang tersebar di 25 Puskesmas, mereka bisa digaji Rp2-3 juta perbulannya,” ucap Reyhan Marpaung selaku Ketua Tim Audiensi TKS ke beberapa awak media.

Sejalan dengan pernyataan Reyhan, Ervina TKS asal Puskesmas Kecamatan Bandar Pulau yang menjabat sebagai Sekretaris Tim Audiensi mengatakan, Dinas Kesehatan Pemkab Asahan terkesan tidak mengakomodir keluhan para TKS terkait upah layak bagi ‘pengabdi’ yang bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya di bidang kesehatan tersebut.

“Kalau soal kompetensi dan keahlian boleh kita uji dengan mereka-mereka yang baru di-‘TKS-kan’. Kalau kita cerita soal jam terbang ya. Janganlah Pak Kadis itu terkesan menganaktirikan kami yang jelas-jelas sudah tahunan bahkan puluhan tahun berdinas,” keluh Ervina.

Lebih lanjut, perwakilan tim audiensi TKS, Muheni berharap agar ada solusi yang dapat ditawarkankan oleh pihak Dinas Kesehatan terkait beberapa tuntutan ‘pasukan putih-putih’ tersebut.

“Janganlah Pak Kadis itu menambah masalah baru yang dapat menimbulkan kesenjangan dan kesannya ada anak tiri dan anak kandung. Kami tidak ingin terkotak-kotak. Harapan kami semoga keluhan kami ini dapat direspon dan ada solusi terbaik dari Pak Kadis,” tandas Muheni.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Aris Yudhariansyah ketika dikonfirmasi belum bersedia menanggapi aksi damai yang dilakukan lebih kurang 135 TKS tersebut. Dirinya mengaku sedang tidak di lokasi. “Oh iya, Saya masih di Desa Buntu Pane,” tulis Aris singkat melalui aplikasi WhatsApp kepada wartawan. (Sof)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.