Pungli Pemasangan Pipa Baru
Tersangka Edison Saragih pegawai PDAM Tirta Lihuo yang tertangkap OTT. (istimewa)
DUTAMEDAN.COM -SIMALUNGUN | Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lihou, Edison Saragih tertangkap tangan (OTT) oleh petugas Polres Simalungun, saat melakukan pumungutan liar (pungli) dengan masyarakat Desa Mariah Buttu, Kecamatan Silou Kahean, Kab. Sumalungun, Jumat (2/11/2018).
Penagkapan pegawai PDAM Tirta Lihuo juga dibenarkabKapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan yang mengatakan Edison Saragih tertangkap melakukan pungutan liar (pungli) untuk biaya pemasangan pipa baru bagi warga berpenghasilan rendah. Padahal, pemasangan tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.
“Sesuai peraturan, pemasangan itu gratis. Tersangka ini yang memasang dan mengutip uangnya kepada masyarakat. Tersangka Edison ditangkap di sebuah warung, ” ujar Kapolres Simalungun saat menggelar press rilis di Asrama Polisi Polres Simalungun, Rabu (7/11/2018).
“Jadi tersangka (Edison) ini adalah seorang kasir di PDAM Tirta Lihuo,” jelasnya.
Selain menangkal Edison Saragih, darinya petugas juga mengamankan barang bukti berupa duit sebesar Rp 11,2 juta dan hape.
Parahnya lagi, dihadapan petugas, Edison mengaku jika pemungutan itu atas perintah pimpinannya berinisial D yang menjabat sebagai salah satu Kepala Bagian PDAM Tirta Lihuo.
“Kita akan terus melakukan pengembangan, bahkan Dirut Utama PDAM Tira Lihou, Betti Sinaga dan Mantan Dirut Benni Purba sudah kita panggil. Namun, kedua orang tersebut tidak hadir. Kalau terus menerus tidak datang juga, langsung kita jemput paksa,” ujar AKBP Polres Simalungun Marudut.
Atas perbuatan itu, Edison dikenakan pasal 12 huruf e Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 64 KUHPidana tentang Tindak Pidana Korupsi. (bsr)
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.