Beni Siregar ditangkap tim Pidsus Kejatisu di rumahnya. (istimewa)
DUTAMEDAN.COM -MEDAN | Buronan kasus dugaan korupsi pemberian kredit di Bank BRI Agroniaga Rantauprapat, Beni Siregar akhirnya ditangkap petugas dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Jumat (2/11/2018).
Beni Siregar ditangkap di rumahnya di kawasan Rantau Prapat.
“Tersangka ditangkap di rumahnya dan Tim Pidsus Kejatisu langsung membawanya ke Lapas Tanjunggusta Medan, untuk ditahan selama 20 hari ke depan,” ucap Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Sumanggar Siagian, Minggu (4/11/2018).
Dalam aksinya, tersangka melakukan pinjaman kredit ke Bank BRI Agroniaga Rantauprapat dengan meminjam data-data dari orang lain. Tersangka meminjam KTP, KK, dan buku nikah 22 debitur dan selanjutnya mengajukan permohonan kredit tanpa diketahui para debitur.
“Para debitur tersebut tidak mengetahui jika KTP, KK, dan buku nikahnya digunakan oleh tersangka untuk mengajukan kredit di bank tersebut,” jelas Sumanggar.
Selain itu, lanjut Sumanggar, syarat pengajuan kredit lainnya berupa NPWP, SIUP, TDP yang diterbitkan Badan Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu, serta Sertifikat Hak Milik (SHM) tidak dimiliki oleh para debitur, namun pada saat pengajuan permohonan dokumen tersebut ada dan seolah-olah asli.
“Selanjutnya permohonan tersebut diproses dan pada saat kunjungan ke lapangan terhadap objek yang dijadikan jaminan ternyata nilai harga objek jaminan itu dimark up, hal ini diketahui saat adanya pemeriksaan intern yang dilakukan Satuan Kerja Audit Intern,” ungkap Sumanggar.
Sumanggar menambahkan, ternyata persyaratan SIUP dan TDP juga tidak terdaftar pada Badan Penanaman Modal Peizinan dan Pelayanan Terpadu Kab. Labuhanbatu.
“Jadi untuk menjalankan akal bulusnya, tersangka Beni Siregar ini memberikan Rp 1 juta sampai dengan Rp1,5 juta kepada debitur yang telah memberikan foto kopi dokumennya. Akibat perbuatan tersangka ini negara mengalami kerugian kurang lebih Rp10 miliar,” pungkas Sumanggar. (*/bsr)
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.