DUTAMEDAN.COM -MATARAM | Sindikat pembuat Surat Tanda Kendaraan Palsu (STNK) palsu berhasil diungkap Kepolisian Daerah (Polda) NTB dengan barang bukti 20 unit mobil dan puluhan STNK palsu.
Selain mengamankan puluhan mobil dan STNK palsu, petugas juga mengamankan tiga orang tersangka masing-masing berinisial AR (pembuat STNK palsu), LD dan HI yang berperan sebagai pemesan STNK palsu.

Kasubdit III Jatanras Polda NTB, AKBP Herman Suriyono SIK MH didampingi Kabid Humas Polda NTB, AKBP Komang Suartana, di Mapolda NTB, Kamis (4/10/2018) menjelaskan, modus kejahatan yang dilakukan tersangka AR adalah dengan menyesuaikan pemesan dan konsumen.
“STNK pesanan tersebut kemudian dicetak dari file pada laptop miliknya. Kemudian menempelkan hologram yang didapat dari STNK bekas, dicetak sendiri dengan mengubah nomor sesuai pesanan,” ungkap Herman.
Dia menjelaskan setelah ada pesanan, ABR akan mencetak file STNK palsu yang sudah didesain pada laptop miliknya persis seperti STNK asli.

Menurut Herman, satu lembar STNK palsu dihargakan Rp 2.500.000 untuk mobil dan Rp 500.000 untuk motor.
“Para tersangka masih menjalani pemeriksaan dan kita akan terus lakukan pengembangan hingga tersangka lainnya kita tangkap,” pungkasnya.
Para pelaku dijerat dengan pemalsuan dokumen sebagaimana yang tertuang dalam pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun kurungan.(n3g)
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.