Salah satu penonton Asian Para Games 2018 (istimewa)

DUTAMEDAN.COM -JAKARTA | Asian Para Games 2018 resmi ditutup. Berakhirnya multievent ini pun memunculkan harapan lebih, khususnya kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Penutupan Asian Para Games berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (13/10/2018). Delapan hari penuh, 2.762 atlet dari 43 negara berjuang untuk menjadi yang terbaik di multievent olahraga se-Asia tersebut.

Lebih dari itu, tujuan dari penyelenggaraan diharapkan memberi dampak lebih khususnya kesetaraan untuk beberapa aspek bagi penyandang disabilitas. Baik itu transportasi, pendidikan, dan lapangan pekerjaan.

Seperti yang diungkap salah satu penonton penutupan Asian Para Games, Arjuna Pasundan (32) asal Garut. Dirinya hadir bersama 10 temannya yang juga memiliki kebutuhan khusus.

“Saya datang saat pembukaan dan penutupan. Amazing banget apalagi Indonesia baru pertama kali menggelar Asian Para Game. Saya benar-benar puas menikmatinya. Walau saya harus menggunakan kursi roda, susah dapat tiketnya, terbayar semua,” kata Arjun.

Meski puas, Arjuna mengharapkan ada dampak positif dari penyelenggaraan yang berlangsung selama delapan hari belakangan ini.

“Selain itu tentu transportasi dan aksesbilitas penyandang disabilitas. Saya coba sendiri di Jakarta dan belum begitu ramah dengan disabilitas terutama dari transportasi, kereta, dan angkutan umum lainnya,” dia mengungkapkan.

“Harapan saya dengan adanya ini masyarakat biasa terbuka mata hatinya bahwa disabilitas bisa mengharumkan bangsa,” katanya. (*)




sumber : detik.com

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.