P.Siantar – Banjir bandang menerjang beberapa lokasi di Kota Siantar. Puluhan rumah sempat terendam banjir dengan ketinggian rata-rata 1 meter. 

Pantauan metropublik.com, banjir bandang menerjang di tiga titik di wilayah Kecamatan Siantar Barat yaitu di Kelurahan Sipinggolpinggol, Simarito dan Bantan.

“Di sini yang terkena banjir jalan bangau, kelurahan sipingil-pinggol ada 2 rumah yang hancur terbawa arus air, ” kata Rudi Harianto (25), warga sipinggol-pinggol, salah satu korban banjir saat ditemui di lokasi, Rabu (10/10/2018).

Hujan deras menurutnya mengguyur lokasi sejak pukul 22.00 WIB. Akibatnya sungai yang ada di sekitar lokasi meluap dan mengakibatkan tanggul sungai jebol.

“Banjirnya mulai dari jam 22.00 WIB sampai sekitar jam 00.00 WIB. Kalau sekarang sudah surut,” ucapnya.

Sementara banjir di kelurahan Simarito dan Kelurahan bantan Kota Siantar. “Di simarito dan bantan sini sekitar 50-an rumah yang sempat terendam,” ujar Rembo (49), warga sekitar.

Banjir di sana terjadi sejak pukul 22.30-00.00 WIB. “Ketinggian air tadi di sini mencapai 1 meter,” tuturnya.

Pantauan di dua lokasi, warga masih terlihat sibuk membereskan rumahnya pascabanjir yang melanda lokasi.

“Enggak akan ngungsi, airnya juga sudah surut,” kata Arif.

Sementara informasi yang dihimpun, banjir bandang juga sempat menerjang beberapa titik di Kota Siantar yaitu jembatan di Jalan MH Sitorus Samping Rumah Dinas Walikota Siantar. Ketinggian rata-rata di sana adalah 1-2 meter.

Penyebab banjir di wilayah Kota Siantar adalah meluapnya Sungai Bah bolon. Bahkan di jalan Bangau ada dua rumah warga yang jebol. Sedangkan di Jalan maluku dan jalan pintu air 50 terendam air. (Rizal Siregar).

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.