Labuhanbatu (SP) – Sebanyak 151 kepala rumah tangga penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 2018 hadir memenuhi ruangan Aula kantor Camat Rantau Selatan guna menerima Buku rekening Bantuan Bedah rumah layak huni tersebut pada Kamis (9/8/2018)

Tampak hadir dalam acara tersebut Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe Siregar ST.MT, Kadis Kominfo H.M.Ihsan Harahap ST, Kadis perukim Hendicko MT.Saragih. Perwakilan BSPS Provsu Fitria Dewi, pihak Bank BTN Tofik Nanda Lubis, Camat Rantau Selatan dan Lurah se Kecamatan Rantau Selatan.

Dalam pidatonya,Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT mengatakan.”Untuk tahun ini Labuhanbatu mendapat penambahan kuota penerima bantuan Perumahan Swadaya, yang mana di tahun 2017 kita mendapatkan bantuan sebanyak 222 unit, dan tahun 2018 ini kita mendapat 335 unit rumah yang mau di bedah,” terangnya.

“Dengan meningkatnya bantuan yang kita terima tahun ini, Labuhanbatu dinyatakan sukses menjalankan program BSPS di tahun 2017, karena jika kita tidak berhasil menjalan program ini tidak mungkin kita mendapat penambahan kuota ini,” ucap Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi juga berharap kepada para penerima bantuan tersebut untuk kerja samanya yang baik dengan pemerintah agar di tahun depan labuhanbatu mendapatkan lagi penambahan bantuan tersebut.

“Saya berharap kepada bapak ibu penerima bantuan BSPS tahun ini untuk bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu mensukseskan program BSPS tahun ini, agar di tahun depan kita mendapatkan kembali bantuan ini, agar para tetangga kita yang belum menerima tahun ini di tahun berikutnya gantian mendapatkanya,” katanya.

Masih kata Andi, berdasarkan mekanisme yang di terapkan pemerintah tahun ini pemerintah sangat tegas, pemerintah tidak menginginkan adanya permainan pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan masyarakat penerima BSPS.

“Dari itu kepada kita semua kita wajib ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah luar biasa memperhatikan kebutuhan kita,” tambahnya.

Menurutnya,jika tahun ini Sukses penyelenggaraanya, maka tahun berikutnya dapat di pastikan akan meningkat, kepada pemerintah dan awak media kiranya juga dapat membantu mensukseskan program ini dengan memberikan masukan masukan kepada masyarakat penerima BSPS.

Di lokasi yang sama, Kadis Perukim Labuhanbatu Hendricko MT.Saragih memaparkan dasar di keluarkanya bantuan BSPS tersebut diantanya berdasarkan UU No 3 tentang Pemda, surat edaran  Perumahan dan permukiman, peraturan kementrian No PR 0103/266. 28 februari 2018.

Disebutkanya pusat anggaran tersebut di ambil dari APBN Provsu 2018 sebesar rp 5,25 M yang dibagikan untuk 335 unit se Labuhanbatu.

“Yang mana untuk rantau selatan sebanyak 151 unit dengan rincian Untuk kelurahan sidorejo 20 unit, sigambal 21unit,ujung bandar 27 unit, urung kompas 31 unit,seol dengan 32 unit,dan danau bale 20 unit.
Seseluruhan penerima bantuan stimulan tersebut dapat memperolehnya dari enam panglong yang kita percaya sebagai pengasub barang bangunan nantinya tentunya dengan harga nego yang telah kita sepakati,” papar Hendriko.

Lebih lengkap Perwakilan BSPS Provsu Fitria Dewi menjelaskan, program ini telah melalui sosialisasi dan verifikasi yang memenuhi syarat dan SK yang di bentuk sehingga masyarakat ini dinyatakan berhak menerima bantuan rumah Swadaya sebesar Rp 15 juta dengan rincian Rp 12,5jt untuk biaya bangunan dan 2,5 juta untuk ongkos tukang.

“Untuk seluruh bangunan harus selesai di bulan ddesember, apabila di atas bulan desember tersebut uang masih tersisa maka uang akan di kembalikan ke kas negara, dari itu mari kita jalankan program ini se kreatif mungkin,” terangnya.

Fitria dewi juga menegaskan bahwa tidak ada pungutan dalam kegiatan ini.”Apabila menemukan hal tersebut segera lapokan ke Pemerintah,” ungkapnya. (hendro)

teks foto : saat memberikan bantuan secara simbolis

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.