Labuhanbatu (SP) – Tim Penggerak PKK jangan dinilai orang hanya tempat kumpul-kumpul saja, akan tetapi bagaimana kedepan Tim Penggerak PKK ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa maupun di Kelurahan dan itulah salah satu tugas pokok Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu bagaimana menciptakan kreasi atau inovasi yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat agar lebih baik lagi kedepan.

Demikian arahan dan bimbingan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Selasa (14/8) pada acara pembukaan Pelatihan Tim Penggerak dan Ketua Kelompok-Kelompok (TPK3) PKK Bagi Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 di Aula BKPP Labuhanbatu.

“Janganlah sampai orang menilai PKK ini adalah tempat kumpul-kumpul saja dan tidak ada menghasilkan suatu buah pemikiran untuk menaikkan dari pada ekonomi masyarakat yang ada di lingkungan kita, di desa/kelurahan kita yang ada di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu ini.

“Saya sudah memberikan masukan kepada Ketua TP. PKK, jadikan PKK ini tempat dimana kita bisa membuat sesuatu yang menghasilkan, jangan berbuat yang hanya untuk menghabiskan, karena biaya PKK ini sangat besar, tingkatkanlah ekonomi masyarakat,” jelas Andi Suhaimi.

Sementara, Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe dalam sambutannya mengatakan pelatihan yang dilaksanakan ini adalah untuk mensinkronosasikan program pemerintah dengan Tim Penggerak PKK sebagi mitra pemerintah untuk melakukan pembangunan yang pelaksanaannya diawali dari Desa dan Kelurahan, Dusun dan Lingkungan serta kelompok-kelompok dasa wisma sebagai garda terdepan pelaksanaan pembangunan.

Untuk itu melalui pelatihan ini diharapkan para Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan harus berupaya merubah sikap, menambah pengetahuan dan ketrampilan, sehingga kita dapat membalikka fakta, bahwa yang negatif akan kita rubah menjadi positif, dimana Tim Penggerak PKK adalah perempuan yang penuh inovasi dan kreatif.

Diakhir sambutannya Hj.Rosmanidar menyampaikan bahwa yang perlu disikapi tugas dan fungsi Tim Penggerak PKK, yaitu Tiada Hari. Ketua Tiada Hari tanpa kegiatan, Wakil Ketua Tiada Hari  tanpa tugas, Sekretaris Tiada kegiatan tanpa di catat, Bendahara tiada kegiatan tanpa swadaya, Pokja I Tiada hari tanpa berbuat baik, Pokja II Tiada hari tanpa membaca, Pokja III Tiada Pekarangan tanpa di tanami dan Pokja IV Tiada hari tanpa PHBS.

Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Fatimah Adriyani Muflih selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menjelaskan, Pelaksanaan Pelatihan TPK3 PKK tahun 2018 ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 14 s/d 15 Agustus 2018 yang diikuti sebanyak 98 orang peserta, terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu.

Menurut Ketua Pelaksana ini, bahwa narasumber dalam kegiatan pelatihan TPK3 ini adalah dari Dinas PMD, Dinas Perindag, Dinas Kesehatan, Dinas PP dan KB, Sekretaris TP. PKK Kabupaten, Pokja I s/d IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dengan materi Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Industri, Germas, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, Penguatan kapasitas kelembagaan dan sembilan kegiatan lomba, kemudian Program Prioritas Pokja I s/d Pokja IV.

Acara pembukaan yang diawali dengan penyematan tanda peserta oleh Plt. Bupati Labuhanbatu dan Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu ini turut dihadiri Kepala Dinas PMD Labuhanbatu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Camat se-Labuhanbatu.(hendro)

Teks foto : Ketua TP PKK Labuhanbatu memberikan kata sambutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.