Medan (SP) – Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) periode 2018-2023 resmi dilantik. Pengukuhan dan Pelantikan tersebut berlangsung di Grand Inna Hotel Medan, Jum’at (25/8/2018). Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua DPP SPRI Heince Mandagie didampingi Sekretaris DPP Edy Anwar Aspar.

Acara dihadiri oleh unsur Muspida Sumatera Utara, Pimpinan Media serta puluhan undangan lainnya.
Mewakili Pj. Gubernur adalah Kadis Kominfo Sumut Muhammad Fitriyus dan Kapolda Sumut diwakili kaur Humas Kompol Rudi Silaen.

Menurut Heintje dalam sambutannya bahwa sesuai UU Pokok Pers No. 40/1999, sebagai organisasi pers SPRI atau yang lainnya berperan strategis menentukan arah kemerdekaan pers. Pers yang merdeka adalah pers yang independen.

“Menuju kemerdekaan pers tersebut, seluruh yang terlibat khususnya wartawan harus sepenuhnya independen. Termasuk dalam hal ekonomi,” ungkapnya.

Lanjut Heintje menegaskan Dewan Pers harus memberi perhatian kepada independensi wartawan dalam hal ekonomi. Bersama-sama organisasi pers yang berbadan hukum semacam SPRI. Tidak hanya bersama segelintir organisasi yang selama ini dianggap sebagai konstituen.

“UU Pokok Pers di salah satu pasalnya menyebutkan demikian, Dewan Pers harus memberdayakan organisasi pers melahirkan kebijakan tentang pers termasuk soal kesejahteraan,” ungkap Hence.

Yang paling penting lagi, tegas Heintje juga bahwa dengan kedatangan Gubernur Sumatera Utara dan Kapolda Sumut dalam acara pelantikan ini menunjukkan bahwa surat edaran pers  yang menuding organisasi wartawan yang tidak menjadi konstien dewan pers menjadi tidak berlaku alias gugur di Sumatera Utara.

Sementara, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Kominfo Fitriyus berharap keberadaan SPRI di Sumut dapat berada di posisi terdepan dalam membangun Sumatera Utara. Bukan hanya biasa saja, juga dalam pemberitaan kiranya berguna untuk kepentingan yang membangun bagi masyarakat banyak, bukan kepentingan pribadi.

DPD SPRI Sumut yang dilantik dipimpin oleh Fernando Sitohang (www.patrolinews.com) sebagai Ketua dan Devis Karmoy (iNews TV) sebagai Sekretaris serta Monang Sitohang sebagai Bendahara serta didukung oleh beberapa Ketua Bidang juga puluhan pengurus lainnya.

Usai dilantik, ketua DPD SPRI Sumut Fernando Sitohang mengatakan keberadaan Sumut saat ini sesuai dengan tema yang kami ambil yakni “Menuju Jurnalis Profesional dan Sejahtera”.

“Oleh karena itu, harapan kami dengan keberadaan DPD SPRI Sumut saat ini diharapkan rekan-rekan wartawan semua khususnya pengurus DPD SPRI Sumut dapat bekerjasama untuk menjalankan program-program kerja kedepannya,” ungkap Fernando.

“Kami memohon doa dan  dukungan serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian untuk eksistensi DPD SPRI Sumut,” tutupnya. (reza/rel)

Teks foto : pengurus yang resmi dilantik

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.