Jabatan Kasatpol Air Polres Tanjung Balai, AKP Ahmad Riskan Kansor Resmi Digeser Kapolda Sumut

0
480
Jabatan Kasatpol Air Polres Tanjung Balai, AKP Ahmad Riskan Kansor Resmi Digeser Kapolda Sumut

Medan (SP) – Kapolda Sumut Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH akhirnya mencopot (menggeser/mutasi) jabatan Kasatpol Air Polres Tanjung Balai, AKP Ahmad Riskan Kansor. Mutasi itu diduga karena banyaknya laporan dari nelayan yang resah, banyak nelayan yang ditangkap namun langsung dilepas.

Sebagaimana informasi yang diterima wartawan, bahwa Kapolda Sumut, Jenderal yang dalam waktu dekat akan memperoleh bintang dua dipundak ini melakukan mutasi terhadap AKP Ahmad Riskan Kansor kebagian Kaurharbang Subbagharbangling Yanma Polda Sumut, sedangkan Kasatpol Air yang baru diisi oleh AKP Agung Basuni SIK, pindahan dari Lemdiklat Polri.

Selain melakukan mutasi Kasatpol Air Polres Tanjung Balai, Surat Telegram nomor 1048/VIII/Kep/2018 tertanggal 27 Agustus 2018 yang ditandatangani oleh Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol Drs IK Suardana Msi juga memutasi AKBP Surya Sofyan Hadi, Kepala SPKT Polda Sumut menjadi Pamen SPKT Polda Sumut dalam rangka pensiun. Pengganti Sofyan Hadi adalah AKBP Ors. Benma Sembiring yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Muda Bidang Watpers Ro SDM Polda Sumut.

Pelaksana Harian Kabid Humas Polda Sumut, AKBP M.P Nainggolan SH MH ketika dikonfirmasi wartawan pada Rabu (29/8/2018) siang mengatakan bahwa mutasi hal yang biasa ditubuh Polri.

Sebagaimana diketahui, pasca aksi unjuk rasa nelayan yang tergabung dalam Aliansi Nelayan Sumatera Utara (ANSU) di Mapolda Sumut, Senin (27/08/2018) kemarin, Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto langsung mengambil tindakan tegas dengan mencopot Kasat Pol Air Tanjungbalai AKP Ahmad Riskan Kansor.

Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto menerangkan, pencopotan itu dilakukan berdasarkan keluhan nelayan bahwa Kasat Pol Air Tanjungbalai selama ini banyak menangkap nelayan namun langsung dilepas. “Menurut laporan dari anggota, yang ditangkap katanya dilepas. Selama setahun enam bulan di periode saya menjadi Wakapolda, baru enam yang ditangkap padahal ada 254 lebih,” katanya.

Agus mengatakan, seharusnya peraturan dari Menteri Kelautan dan Perikanan harus ditegakkan. Sehingga menurutnya, kalau Kasat Pol Air Tanjungbalai tidak bekerja dengan baik, maka tidak perlu dipertahankan. “Ya kalau tidak kerja, ngapain dipertahankan. Copot saja terus,” tegasnya.

Untuk itu, Agus berharap, pejabat yang baru nanti mudah-mudahan dapat bekerja dengan baik. Karena penggantinya berasal dari Akpol dan tidak kenal dengan orang atau masyarakat di sana. “Kita berharap Kasat Pol Air yang baru bisa tegakkan peraturan, menindak pemakai pukat Trawl karena merugikan para nelayan tradisional. Sebab dengan pukat Trawl, ikan kecil pun ikut terangkut. Sekali lagi permen 71 Tahun 2016 harus ditegakkan, kalau tidak harus ditindak,” ujarnya menjelaskan.(reza)

Teks foto : Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto SH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.