Siotang adalah adak kedua dari Siraja Oloan, dihitung dari Siraja Batak maka Sihotang merupakan generasi ke-6, mengapa Sihotang disebut Si Godang Ulu karena pada kepala nya terdapat banyak benjolan-benjolan besar.

Sedangkan nama Sihotang sendiri merupakan nama tempat dia bermukim, dimana terdapat banyak rotan (Hotang: Bahasa Batak). Jadi nama Sihotang selain menjadi nama marga keturunan dari Si Godang Ulu, juga menjadi nama desa tempat dia tinggal, berdekatan dengan desa Tamba, Sitio-tio, Kabupaten Samosir.

Ompu Sigodang Ulu memiliki 2 (dua) orang Istri yaitu:
1. Boru Tamba, dan
2. Boru Simbolon

Mereka dikaruniai 7 (tujuh) anak laki-laki dan 1 (satu) anak perempuan, ketujuh anak laki-laki tersebut ialah:
1. Pardabuan
2. Sorganimusu
3. Torban Dolok
4. Sirandos
5. Simarsoit
6. Raja Tunggal
7. Orang Kaya Tua

Sedangkan satu-satunya putri nya bernama Sibosion yang menikah dengan Raja Marsundung Simanjuntak dan memiliki 3 orang anak yaitu : Mardaup Sitombuk dan Hutabulu.

Melihat data di atas, Marga Lingga merupakan salah satu keturunan Ompu Sigodang Ulu, dari si Torban Dolok. Si Torban Dolok memiliki anak bernama Ompu Toga Bahal dan Ompu Bahal memiliki anak bernama Parante Bosi, dan Parente Bosi memiliki anak bernama Siraja Lingga yang kelak menjadi leluhur dari seluruh marga Lingga.

Tidak hanya itu, keturunan dari Sitorban dolok yang pindah ke Tanah Karo dan menggunakan marga karo-karo sitepu, karo-karo sinubulan, karo-karo bukit dan karo-karo sinulingga.

(function(d, s, id){var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];if (d.getElementById(id)) return;js = d.createElement(s); js.id = id;js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.0”;fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.