Keturunan Somba Debata atau Raja Siahaan memiliki istri boru Lubis yang berdomisili di Balige, Sibuntuon dan daerah lainnya. Raja Siahaan atau Ompu Somba Debata mempunyai 2 (dua) orang putera yaitu : Raja Ditano dan Raja Parluhutan. Raja Ditano memili 3 (tiga) orang istri, istri pertama boru Sihombing Lumbantoruan dan memiliki anak diantaranya:
1. Raja Marhite Ombun
2. Raja Hinalang, dan
3. Raja Juara Monang.

Sedangkan Raja Parluhutan menikah dengan boru Hasibuan dan memiliki 1 putera dan 1 puteri.

Istri kedua adalah boru Hasibuan (merupakan janda Raja Parluhutan yang ditinggal mati). Raja Ditano dinikahkan dengan mantan adik iparnya itu setelah istri pertamanya boru Sihombing Lumbantoruan meninggal dunia.

Baca Juga :  Asal Usul Marga Siregar Hingga Penyebarannya

Secara adat pernikahan Raja Ditano dengan adik iparnya ini terbilang sah dan lahirlah seorang putri yang bernama “Nan Tuan Dipea” yang meninggal muda dan tidak sempat berumah tangga.

Kemudian Raja Ditano menikah lagi dengan Boru Sihombing setelah Istri kedua Boru Hasibuan meninggal dunia. Dari pernikahannya yang ketiga kali nya ini, lahirlah seorang putera bernama Tuan Pangorian.

Raja Parluhutan merupakan leluhur dari marga Siahaan Sibuntuon, berdomisili di Lobu Siregar dan Meat.

Raja Marhite Ombun yang merupakan anak pertama dari istri pertama dari Raja Dibanua adalah leluhur Marga Siahaan yang berada di Sampuran.

Raja Hinalang anak kedua dari istri pertama Raja Dibanua merupakan leluhur marga Siahaan dari Hinalang, Lumban silintong dan lumban babi

Raja Juara Monang anak ketiga dari istri pertama Raja Dibanua merupakan leluhur marga Siahaan Balige, Umarihit dan Siparenggean.

Sedangkan Tuan Pangorian, anak pertama dari Istri kedua Raja Dibanua merupakan leluhur marga Siahaan yang berada di Lumban Gorat, Balige dan Tara Bunga.

Sumber: Silsilah dan Asul-usul Marga-marga Batak dari Siraja batak.

(function(d, s, id){var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];if (d.getElementById(id)) return;js = d.createElement(s); js.id = id;js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.0”;fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.