Orang kaya tua anak bungsu dari Sigodang ulu berkelana ke Marbun dolok tepatnya di daerah Parlilitan (saat ini). Daerah itu sebelumnya sudah ada yang bermukim yakni marga Marbun Lumbanbatu. Pada saat itu terjadi terjadi permusuhan antara marga Manullang dengan marga Marbun.

Marga Marbun melihat bahwa Orang Kaya Tua mempunyai kemampuan (kesaktian) maka oleh karena itu marga Marbun memperlakukan Orang Kaya Tua sangat istimewa. Berkat kemampuan dan kesaktian yang dia miliki, musuh-musuh marbun pun dapat ditakhlukkan.

Akhirnya  Orang Kaya Tua diangkat oleh marga Marbun menjadi anak dan mereka berikrar (marpadan) : “Marpege sangkarimpang, maransimun sada holbung, mangangkat rap tu ginjang, manimbun rap tu toru.

Karena ikrar/padan inilah membuat buku sejarah Raja Hasugian, hubungan marga Marbun dengan marga Sihotang sampai sekarang ini belum ada yang saling mengawini, ini versi yang pertama.

Sedangkan bersi yang kedua mengatakan, seorang pemuda bermarga Marbun dan seorang pemuda bermarga Sihotang pergi merantau jauh yang diperkirakan sampai ke Barus julu. Karena persaudaraan kedua pemuda ini tidak dapat dibedakan mana yang bermarga marbun dan yang bermarga Sihotang. Karena itu mereka berikrar/marpadan “Sisada lulu anak sisada lulu boru” hingga kedua marga ini terlarang untuk saling mengawini.

Hubungan ikrar/padan ini sampai sekarang dipegang teguh oleh kedua marga tersebut, dan haha doli (Kakak laki-laki) Marbun yaitu Toga Naipospos seperti Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit dan Situmeang ikut ikrar/padan tersebut karena anggi doli (adik) mereka Marbun mengikat padan dengan Sihotang. Namun haha doli (kakak laki-laki) dan anggi doli (adik laki-laki) Sihotang dalam klan Siraja Oloan tidak ikut berikrar dengan marga Marbun. Hanya yang bermarga Sihotang saja.

(function(d, s, id){var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];if (d.getElementById(id)) return;js = d.createElement(s); js.id = id;js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.0”;fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.