KOM (Komunitas Olshop Medan) Beri Bantuan ke 500 KK di Sinabung

0

DUTAMEDAN.COM – Setelah erupsi kesatu pada Agustus 2010, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara berulang kali meletus. Februari lalu, Gunung Sinabung pulang meletus. Kejadian ini menjadi letusan yang terbesar sekitar 2018 sebab bertekanan powerful dengan tinggi letusan menjangkau 5 kilometer. Hal ini mengakibatkan ribuan pengungsi Sinabung darurat meninggalkan dusun halaman mereka.

KOM Alias Komunitas Olshop Medan

Sebagai wujud solidaritas terhadap sesama untuk korban musibah letusan Gunung Sinabung, TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Medan bareng seller online Medan lainnya menyerahkan pertolongan sumbangan untuk warga di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran pada Minggu (11/03). Bantuan ini diserahkan kepada 500 KK (Kepala Keluarga) yang terdapat di desa itu.

Ketua komunitas TopCommunity Medan Trudly Karo Karo mengungkapkan, Desa Naman Teran dipilih TopCommunity Medan sebab desa ini menjadi desa terakhir yang masih terdapat penghuninya. “Aktivitas vulkanik di Sinabung sering terjadi sejumlah kali. Beberapa desa juga mengalami akibat letusan ini, tergolong Kecamatan Simpang Empat, Payung, Tiga Nderket, Munthe, dan pun Naman Teran. Sebagai desa yang terletak 5 km dari gunung, tidak sedikit warga yang mengungsi di sana dan masih memerlukan bantuan, baik makanan maupun perangkat lain.”

KOM (Komunitas Olshop Medan) Beri Bantuan ke 500 KK di Sinabung
KOM (Komunitas Olshop Medan) Beri Bantuan ke 500 KK di Sinabung

Selain keperluan pangan, pertolongan sandang ternyata masih sangat diperlukan oleh pengungsi. Oleh sebab itu, dalam peluang kali ini, Trudly bareng komunitas seller lainnya memberikan pertolongan sandang berupa pakaian pantas pakai, perlengkapan makan, perlengkapan mandi, perlengkapan cuci, dan masker.

Pemberian pertolongan tersebut dilakukan pada Minggu 11 Maret 2018. Trudy menyatakan senang sebab melihat antusiasme yang tinggi dari teman-teman komunitas olshop di Medan untuk menolong korban letusan gunung merapi ini. “TopCommunity menjadi wadah semua seller dalam melakukan sekian banyak kegiatan sosial, tergolong pemberian pendidikan untuk anak, penganggulangan bencana, dan penggalangan dana guna masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang kami berikan dapat menolong meringankan beban masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dalam peluang yang sama, Kepala Desa Naman Teran Rencana Sitepu mengungkapkan rasa terima kasih untuk para komunitas online. “Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian komunitas olshop online. Semoga pertolongan yang diserahkan bisa berfungsi untuk penduduk Naman Teran.”

Berdasarkan keterangan dari Trudly, di samping memberikan pertolongan kepada pengungsi dan korban Sinabung ini, TopCommunity Medan teratur melaksanakan pekerjaan sosial, laksana bakti sosial ke panti asuhan. Di samping melakukan pekerjaan sosial, TopCommunity Medan pun melakukan sekian banyak pelatihan seperti pendidikan kewirausahaan lewat digital kepada pelbagai target usia, di antaranya untuk anak sekolah, kuliah, pun di lokasi ibadah. Beberapa pelatihan yang diserahkan antara beda pengenalan mengenai e-commerce serta bagaimana teknik berwirausaha dan mendapatkan pendapatan di Tokopedia.

TopCommunity Medan telah terbentuk sekitar 3 tahun tahun semenjak 2015. Saat ini telah ada ratusan seller Tokopedia yang tergabung dalam TopCommunity se-Indonesia. Komunitas ini sendiri telah ada di puluhan kota di semua Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here