Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar

0
1813
Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar
Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar

DUTAMEDAN.COM – Jika Anda mampir ke Kota Siantar, Anda pasti telah tak asing mendengar makanan Roti Ganda dan Kopi Koktong. Kedua kuliner itu pun kerap dijadikan sebagai oleh-oleh, untuk dibawa pulang ke rumah, untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat. Namun, Anda yang wajib menyadari bahwa tersedia satu kembali oleh-oleh yang bisa dibawa pulang berasal dari Siantar, yaitu roti ketawa.

Walapun di daerah lain terhitung ada, tapi roti ketawa berasal dari Siantar dikenal terus menerus sejak tahun 1980-an. Pemasarannya pun, layaknya halnya Roti Ganda, dibikin segera di tokonya.

Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar
Roti Ketawa, Oleh-Oleh Khas Pematang Siantar

Tentang Roti Ketawa Siantar

Mengapa disebut roti ketawa? Karena roti ini disaat digoreng menjadi mekar yang selanjutnya membelah. Mungkin agar enteng menandainya, roti ini pun disemat dengan nama roti ketawa

Sedikitnya tersedia dua toko roti ketawa di Siantar. Yang pertama tersedia di Jalan Sanganawaluh, pas di depan persimpangan menuju Sambo. Yang lainnya tersedia di Jalan Medan, di dekat Simpang Rambung Merah.

Pemiliknya adalah Heny boru Sembiring (38)usaha ini telah dilakoni Heni sejak 4 tahun terakhir.

“Roti ketawa kami ini telah jalur jalur kemana mana. Mulai berasal dari Malaysia hingga ke Amerika,”ucap Heny yang mengaku mendalami ilmu menyebabkan roti ketawa berasal dari internet.

Yang menyebabkan beda roti ketawa mempunyai Heny dengan daerah lainnya adalah variasi rasanya. Saat ini Heny mempunyai 3 type rasa, yaitu rasa pandan, cokelat dan original. Roti ketawa pandan warna khasnya hijau, pas cokelat warnanya cokelat dikarenakan memang mengfungsikan tepung cokelat. Apa pun rasanya, dibagian luar roti seutuhnya diselimuti biji wijen.

Jika sedang musim durian, ia sediakan roti ketawa rasa durian. Rasa durian tidak tersedia setiap hari mengingat harga durian yang mahal.

Baca Juga:  Cegah Corona, Menkumham Bakal Bebaskan Napi Narkoba dan Koruptor

Bahan untuk menyebabkan roti ketawa adalah tepung, mentega, gula, telur dan pengembang. “mirip menyebabkan bolu nya kak,”ucap Heny. Bedanya adonan itu dimasak dengan cara digoreng. Roti ketawa Pelangi mempunyai rasa yang khas. Gurih dan tidak buat eneg.

Heny sediakan roti ketawa dengan didalam ukuran besar, sebesar bola pimpong, terhitung roti ketawa sebesar kelereng. Untuk yang besar satu buah harganya Rp1000. Sementara ukuran kelereng perkilo dijualnya sekitar Rp 40.000. Apakah anda senang berbagi informasi kepada teman-teman anda? ayo lakukan dan beritahukan kepada teman mu lezatnya roti ketawa dari siantar.

Advertisements