DUTAMEDAN.COM – Peternakan sapi pasti langka di perkotaan. Pasalnya, sapi cuma membuahkan susu yang baik di lingkungan yang tenang. Nah peternakan sapi yang dimaksud kali ini adalah peternakan sapi di Gundaling Farm Berastagi. Gundaling Farm agak jauh berasal dari perkotaan atau berada di kawasan kira-kira hutan lindung, yang jarang penduduk di Berastagi.

Gundaling Farm Berastagi punyai luas 16 hektare tersebut sangat asri dan ditumbuhi tanaman bunga dan berada di kawasan kebun stroberry penduduk. Disini kamu bisa merasakan suasanan yang tenang dan tidak ada keributan seperti perkotaan.

Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi
Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi

Disini kamu bisa menikmati susu sapi asli dan fresh khas Berastagi.Gundaling Farm sendiri dikelola oleh PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PT. PIMS), yang bergerak di bidang bisnis peternakan sapi perah. Gundaling Farm juga satu-satunya bisnis peternakan sapi di Sumatera Utara yang dikelola secara modern dan menjajakan hasil produksinya sendiri.

Selain itu, ada juga cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil meneguk susu segar.

Rizal, pegawai, mengatakan ada ratusan sapi yang ada di peternakan diperah tiap-tiap harinya pada pukul 16.00.

“Wisatawan bisa melihat sapi berasal dari batas pagar dan melihat proses pemerahannya berasal dari jauh,” katanya.

Menurutnya, sapi merupakan binatang yang ringan panik dan stres kecuali berada di kerumunan dan keributan. Sehingga peternakan berada jauh berasal dari pemukiman. “Pengunjung juga dilarang masuk ke kandang dan jalankan pemerahan langsung. Pengunjung bisa melihat berasal dari batas pagar yabg telah dipasang,” jelasnya.

“Kami sediakan susu fresh dan susu rasa mangga, vanila, coklat dan strawberry. Kemudian aneka yogurt rasa seperti coklat, vanilla, mangga, dan anggur. Ada ukuran gelas dan botol 1 liter,” katanya.

Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi
Peternakan Sapi di Gundaling Farm Berastagi

Harga susu fresh murni dan susu rasa coklat, stroberry dan mocca per-cup seharga Rp4 ribu, dan perliternya Rp27 ribu. Sedangkan yogurt per-cup Rp 6 ribu dan Rp24 ribu perliternya untuk rasa vanilla dan strawberry, Rp30 ribu untuk blueberry dan Rp34 ribu untuk rasa mangga.

Susu fresh dan yogurt tidak dicampur bahan kimia dan benar-benat murni susu bersama dengan tambahan buah fresh untuk susu dan yogurt rasanya.

“Karena murni tanpa campuran lain, susu cuma bisa bertahan sepanjang 4 hari kecuali disimpan didalam pendingin, tetapi yogurt bertahan sepanjang satu bulan. Jika tidak disimpan didalam pendingin, susu dan yogurt cuma bisa bertahan dua belas jam,” katanya.

Lokasi Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi

Untuk menuju kesana, kamu bisa masuk berasal dari persimpangan kawasan penjual bunga sebelum bukit kubu, cuma lebih dari satu meter berasal dari simpang tugu jeruk Berastagi atau kira-kira 1,5 jam berasal dari Medan.

Dari simpang ini berjarak lima kilometer ke didalam untuk sampai ke Gundaling Farm. Dan berasal dari simpang ini tidak ada kutipan retribusi masuk.

Fasilitas di Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi

Di Gundaling Farm ini terkandung 1 kamar mandi pria dan 2 kamar mandi wanita yang bisa digunakan secara gratis untuk pengunjung. Namun di sini tidak terkandung mushola. Jika kamu mendambakan sholat bisa di kantor pos satpam yang punyai tempat cukup luas.

Biaya Masuk Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi

Untuk ongkos masuk, yang perlu kamu keluarkan hanyalah pembelian susu sapi. Jika kamu mendambakan menikmati susu sapinya, tetapi selebihnya gratis terasa berasal dari tempat parkir sampai kamar mandi yang bisa kamu menggunakan secara gratis. Untuk harga susu sapi sendiri, seperti susu sapi murni 1 liternya seharga Rp. 15.000. Selain susu murni sesungguhnya ada juga olahan susu sapi lainnya seperti yogurt tetapi saat kita singgah untuk harga produk lainnya tidak ditampakkan dikarenakan telah habis terjual sebelum kita datang.

Tips sebelum minum susu di Peternakan Sapi Gundaling Farm Berastagi

Jika mendambakan menikmati susu sapi dan olahannya, sangat dianjurkan untuk singgah pada pagi hari sebelum jam 12, dikarenakan kebanyakan produk susu sapi telah habis terjual oleh pengunjung yang singgah lebih cepat.
Sangat tidak dianjurkan untuk buang sampah sembarangan, buanglah sampah yang telah disediakan oleh pengelola.
Jika kamu tidak tahan bau berasal dari sapi ada baiknya Mengenakan masker, dikarenakan bau sapi bakal terasa menyengat dikarenakan lokasi peternakan sapi tidak jauh berasal dari tempat utama pintu masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.