6 Hal yang Harus Dilakukan Penderita TBC Supaya Tidak Menular Ke Orang Lain

0
1384
6 Hal yang Harus Dilakukan Penderita TBC Supaya Tidak Menular Ke Orang Lain
6 Hal yang Harus Dilakukan Penderita TBC Supaya Tidak Menular Ke Orang Lain

DUTAMEDAN.COM – Tuberkulosis atau TBC merupakan keliru satu penyakit menular yang disebabkan kuman TB (mycobacterium tuberculosis). Pada kebanyakan TBC menyerang paru-paru, bakal tetapi sanggup termasuk menyerang bagian tubuh yang lain layaknya usus, otak, tulang dan lain sebagainya.

Meskipun dikenal sebagai penyakit menular,namun bukan berarti penderita TBC kudu dijauhi. Berikut ini adalah carab agar TBC tidak mudah menular ke orang lain.

1. Tutupi disaat bersin dan batuk

Penderita TBC kudu menutupi mulut dan hidungnya disaat ia bersin atau batuk.Entah memakai tisu, sapu tangan atau yang lain. Jika tidak ada, benamkan saja muka ke arah lengah sendiri. Hal ini mempunyai tujuan agar virus TBC tidak menyebar ke orang lain.

Ingat, jangan menutupinya memakai tangan!. Khusus penderita TBC paru-paru, dia kudu Mengenakan masker disaat berada di area umum.Karena kalau tidak, kumannya bakal menyebar kepada orang sekitar.

2. Tidak Meludah Sembarangan

Selain tidak diperbolehkan bersin dan batuk asal-asalan di area umum. Penderita TBC termasuk dilarang meludah sembarangan. Sebaiknya ia meludah di kali atau selokan yang mengalir airnya dan kamat mandi sesudah itu siram memakai air.

3. Tidak Memakai Barang Pribadi Secara Bersama-sama

Bagi anda yang tidak menghendaki tertular penyakit TBC, maka hindarilah memakai barang privat milik penderita TBC. Terlebih ulang yang memungkinkan kontak secara langsung bersama cairan si penderita. Seperti minum bersama gelas yang sama, Mengenakan sendok mirip disaat makan dan konsumsi makanan yang mirip setelah di gigit.

Anda sanggup Mengenakan barang bekas penderita TBC setelah mencucinya bersama bersih.

4. Jauhi Kontak Langsung Dengan Anak-anak

Penderita TBC sebaiknya tidak dekat-dekat bersama balita, bayi ataupun anak-anak. Hal ini gara-gara proses imun mereka tetap lemah dan belum kuat.

5. Memisahkan Peralatan Makan

Penderita TBC sebaiknya menengahi peralatan makan mereka dari milik orang sehat, jadi dari sementara membersihkan atau area meletakkannya. Agar tak terpakai oleh orang sehat.

6. Rutin Menjemur Perlengkapan Tidur

Bagi anda yang menderita TBC, andapun termasuk kudu rajin menjemur perlengkapan tidur.Seperti selimut, kasur, bantal dan lain sebagainya. Biarkanlah cahaya matahari masuk langsung ke di dalam kamar. (*)

Advertisements