Air Terjun Jambuara, Objek Wisata Keren di Simalungun

0

DutaMedan.com – Air Terjun Jambuara, Objek Wisata Keren di Simalungun

Air Terjun Jambuara, Objek Wisata Keren di Simalungun
Air Terjun Jambuara, Objek Wisata Keren di Simalungun

Keindahan Air Terjun Jambuara yang terlihat mengalir sangat deras dari balik bebatuan setinggi hampir 30 meter kini mulai diminati wisatawan lokal. Peminatnya mulai dari muda mudi dan keluarga tampak menikmati air terjun Jambuara yang berada tepat di Dusun Hutalima, Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Namun untuk menuju ke titik air terjun, pengunjung disarankan menyiapkan fisik yang segar dan prima karena jalan terjal berliku. Ada sekitar 175 meter panjang jalan yang bisa dinikmati dengan hijaunya alam, suara-suara hewan hutan dan juga cahaya yang mengintip dari balik daun dan ranting pohon jika cahaya sedang cerah.

Salah satu wisatawan lokal asal Medan mengatakan Air Terjun Jambuara sangat menakjubkan. Ada wisatawan datang bersama dengan teman komunitas sepeda motor. Sebelum sampai di bawah Air Terjun, mereka harus melewati jalan bebatuan dan tanah merah hampir 3 kilometer ke arah hutan dan perkebunan sawit.

Objek wisata Air terjun Jambuara ini awalnya populer di sosial media. Sehingga warga lokal Sumatera Utara penasaran dan tertarik mengisi libur bereng  tema-teman di Air Terjun Jambuara ini. Beberapa warga setempat mengaku sudah dua kali naik turun ke air terjun Jambuara.

Kata Jambuara berasal dari nama Jambu Hutan Berwarna Merah. Objek wisata Jambuara ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Karena memang belum begitu poluler di Indonesia. Di Air Terjun ini para wisatawan bisa menikmati deburan air terjun yang mengumpar jatuh ssambil mandi di bawahnya. Aliran sungainya juga tak begitu deras juga menjadi daya tarik untuk menjadi pilihan wisata air.

Pengelola air terjun Jambuara mengatakan, objek wisata ini sudah dikelola sejak November tahun 2014. Untuk biaya masuk lokasi air terjun, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang dewasa, sementara itu untuk anak-anak tidak dikenakan biaya. Sedangkan untuk biaya parkir, untuk sepeda motor cukup merogoh kocek Rp10.000 dan mobil Rp 20.000.

Lokasi Air Terjun Jambuara bisa di akses dari kota Pematangsiantar atau dari Kota Kisaran. Dari kota Pematang siantar sekitar 3 jam perjalanan, begitu juga dari kota Kisaran kurang lebih 3 jam perjalanan juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here