Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

0
2600
Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan
Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

DUTAMEDAN.COM – Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan, Androgini ialah sebutan buat pria yang memiliki wajah tampan dan mengagumkan Bila di make over dengan dandanan layaknya wanita. Androgini merupakan kata yang digunakan buat menunjukkan pembagian kiprah yang sama dalam karakter maskulin serta feminin di saat yang bersamaan.

Kata ini asal dari 2 istilah dalam bahasa Yunani yaitu ανήρ (anér, yang berarti pria) serta γυνή (guné, yang berarti perempuan) yang bisa merujuk kepada salah satu dari dua konsep terkait perihal gender. Artinya pencampuran dari identitas maskulin serta feminin, baik dalam pengertian fashion, atau ekuilibrium antara “anima serta animus” dalam teori psikoanalitis.

Belakangan ini konsep Androgini meledak di negara-negara Asia Timur, seperti Korea dan Jepang, terutama buat kalangan selebritis. Mereka dielu-elukan karena penampilan mereka yang sebenarnya ialah pria akan tetapi terlihat bagus. Terkesan menghilangkan batas gender mereka dalam berpenampilan. Di Jepang kata Androgini dianggap juga menggunakan Bishounen, dipelopori oleh munculnya komik manga yang digambarkan menjadi laki-laki anggun dan tampilannya sangat manis.

Konsep Androgini di mata masyarakat umum banyak terjadi kesalahpahaman alias salah kaprah. Hanya karena bersolek dan mempunyai tubuh ramping dengan muka cantik, Androgini banyak dicap menjadi homoseksual. Padahal, konsep awal Androgini ini merupakan konsep kesetaraan gender antara maskulinitas serta feminisme. Seseorang Androgini bisa saja heteroseksual ataupun homoseksual, tidak terdapat hubungannya dengan identitas seksual. Terlihat aneh Jika pria anggun distereotypekan menjadi gay.

Pada hal ini, kebanyakan dari pria Androgini tak mau diklaim dengan embel-embel banci sebab mereka tidak berkelakuan seperti banci. Banyak asal mereka menggunakan pakaian layaknya wanita hanya buat tugas serta pekerjaan profesionalitas semata. Dibuktikan dengan banyaknya tawaran yang tiba ke mereka untuk terlibatkan dalam suatu acara.

Umumnya mereka diundang buat menampilkan sensasi unik yang hanya mampu dilakukan oleh laki-laki Androgini, contohnya dalam suatu program lawakan atau sebagainya. Tanggal dari itu seluruh, mereka permanen berkelakuan layaknya laki-laki normal dan tetap memiliki pekerjaan permanen.

Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

Tim kami mencari laki-laki Androgini di Kota Medan, namun belum mendapatkannya. Setelah melakukan pencarian berita, akhirnya tim berhasil menerima informasi mengenai pria Androgini bernama Rikhie Adrian Devgan yang menetap di wilayah Bogor, Indonesia. Laki-laki kelahiran Januari 1990 ini jelas-jelasan menyebut dirinya sebagai pria Androgini.

Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

Rikhie mempunyai pekerjaan permanen yaitu menjadi diri sendiri dan menjadi seseorang chef restoran dan sekarang sebagai receptionist hotel bintang 5 di daerah Jakarta.

Rikhie sebenarnya artinya anak angkat dari sepasang suami istri, yang dia sendiripun tidak memahami siapa orangtua kandungnya serta bagaimana cerita beliau diangkat menjadi anak disebuah keluarga baru oleh Sudiyono dan Siti Mudriah yang dia sebut ayah ibu sekarang ini.

Rikhie yang semenjak kecil telah terbiasa deengan sikap kewanitaan ini membentuk beliau bingung akan identitas dirinya, ia sangat lihai dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah. Ini bukan dikarenakan kekerasan yang disebabkan dari keluarga, namun sebab ketegasan yang selalu ditunjukkan oleh ayah dan ibunya.

Masa sekolah memang selalu indah, begitupun dengan Rikhie, layaknya pria biasa, ia tetap menjalani aktivitasnya menempuh pendidikan mulai SD, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah kejuruan Perhotelan serta hingga menjadi Sarjana Pendidikan Bimbingan Konseling di Universitas dekat rumahnya.

Anehnya, Rikhie mengetahui dirinya merupakan laki-laki Androgini bukan sebab dia lihai dalam pekerjaan rumah tangga, tetapi semenjak beliau secara lahiriah bisa menampilkan 2 sisi dalam 1 gender.

Ia selalu berkata bahwa Androgini tidak selaras dengan Waria maupun Transgender. Saat kaum umum terus mencemoohnya, ia selalu mengucapkan terimakasih atas cemoohan yang ia terima. “tidak perlu dibalas dengan kemarahan, hanya perlu dijelaskan menggunakan ketahui perbedaannya. Bila terus ditanggapi, maka kebencian yang akan muncul,” ujarnya.

Waktu sebelum dia mengenal sebuah acara lawakan 8 bulan lalu The Golden Boys Cabaret khusus untuk gala dinner dan wedding party dari aneka macam daerah yang lebih memperkenalkan hidupnya pada dunia entertainment kini ini, beliau pernah berprofesi menjadi seseorang pembantu rumah tangga serta penjaga ruang playstation di daerahnya.

Beliau tertarik di dunia Dubsmash, serta mulai memberikan jati dirinya yang memiliki 2 sisi tadi dan mengunggahnya diakun Instagram. Dia pun mulai dikenalkan menggunakan salah seorang pendukungnya kala itu, beliau akrab disapa Boby Tince. Boby-lah yang terus mengasah kemampuan Rikhie, mulai dari tarian, nyanyian, cara melawak, cara berjalan dan sebagainya.

Tidak hanya dikenalkan oleh Boby Tince, dia pun mulai menjadi sebagai merk ambassador dari kostum wedding Sanggar Rias Dewi sampai kini.

Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

“aku ini cowok, tidak perlu merubah fisik dalam hal ini bila bisa jadi bagus dan tampan,” ujarnya.

Ketampanan rupa yang terlahir dan sebagai kodrat bagi para pria dan kecantikan yang sudah tergambarkan hanya untuk perempuan memang dimiliki oleh semua pria Androgini. Untuk menjadi mengagumkan mereka hanya mengganti nada suara dan mempoles tipis wajah dengan bedak atau semacamnya. Jika mereka ingin kembali seperti semula, mereka hanya perlu membersihkan polesan tadi.

Profesionalitas ialah hal yang wajib bagi setiap pekerja, baik public figure atau lainnya. Sebab profesionalitas nyatanya sebagai tolak ukur buat tetap bertahan atau gagal di sebuah pekerjaan.

Laki-laki Androgini yang dianggap kaum awam menjadi penyuka sesama jenis, ternyata terbantah langsung oleh Rikhie sendiri, karena beliau sendiri sudah mempunyai istri dan 1 orang anak dari hasil pernikahan sah.

Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan

Tidak tanggung-tanggung, Rikhie telah mendapatkan restu atas pekerjaan sampingan yang ia geluti ini oleh orangtua, istri serta anaknya. Tetapi, perlu diketahui bahwa Rikhie telah mengakhiri hubungannya dengan istri, karena sudah tidak ada kecocokan. Kesempatan baik bagi konkawan untuk meluluhkan hati pria ini.

Ketampanan dan kecantikan yang dimiliki sebenarnya artinya pemberian ilahi yang tidak terhingga, tidak dipungkiri bahwa Rikhie memiliki banyak fans di akun Instagramnya, serta mereka semua selalu mendukung setiap apapun yang dilakukan oleh seniman bagi para fansnya ini.

Dia pernah menghasilkan project film yang didesain bersama rekan-rekannya. Namun belum dipublish dan menghentikan ad interim project karena takut akan mengakibatkan sara sehabis masalah LGBT marak di Indonesia.

Disalah satu foto yang beliau unggah diInstagram, ternyata mempunyai caption: “Don’t judge me, if you know me,” kalimat yang banyak menggetarkan para haters, dan mereka yang terlalu umum dengan Androgini.

Tidak hanya kalimat itu, ia juga pernah mengunggah satu postingan dengan font pic yang isinya beranilah buat bermimpi besar. Waktu banyak yang semakin mencemoohnya, maka para fansnya-pun semakin bertambah.

Usahakan, selalulah untuk tetap berpikir postitif atas apapun yang menyangkut orang lain, kepositifan yang dihadirkan akan lebih baik daripada kebencian yang menumpuk. Androgini bukanlah bahan cemoohan, Bila nantinya pria Androgini menjadi laki-laki banci atau penyuka sesama jenis itu merupakan hasil dari pergaulan yang terus-menerus pada sesama jenis serta tidak mempunyai mitra beda jenis lainnya.

Rikhie dengan mudahnya berkata bahwa bila terus mendekatkan diri pada Allah dan mempunyai iman yang bertenaga, Insha Allah aku tidak akan berubah menjadi penyuka sesama jenis.

Saat seseorang ingin berbagi kreativitasnya, cobalah untuk tidak 1/2-1/2. “Ikuti kata hati, jadilah diri sendiri bila ingin melangkah jangan takut gagal serta tetap terus bertekad, ingat tetap minta restu orangtua”.

Tag: Pria Androgini Hilangkan Batas Gender dalam Berpenampilan