DutaMedan.com – Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang, Langkat, Sumatera Utara.

Objek wisata Air Terjun Bukit Lawang yang berada di Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuseur. Dan di kawasan wisata ini akan dijumpai Pusat rehabilitasi dan KOU (Konservasi Orang Utan) yang merupakan daftar program kerja dari badan dunia World Wide Life Fund (WWF). Di lokasi dapat disaksikan bagaimana seluruh petugas merehabilitasi kehidupan segala jenis orang utan yang selama ini tidak mengenal alam bebas terbuka sebagai habitat kehidupannya sendiri.

Lokasi Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Objek wisata ini terletak di Desa Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Berjarak sekitar kurang lebih 68 km dari sebelah barat laut kota Binjai atau 80 km dari kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam lamanya di perjalanan

Fasilitas dan Akomodasi Objek Wisata

Objek wisata ini terfasilitas dengan seadanya antara lain cottage (pondok wisata) dengan tarif harga sekitar Rp. 300000 hingga Rp. 500000 per/malam, dan restaurant, money changer, gerai suvenir, kios telepon umum dan juga camping ground di lokasi sekitar objek wsiata.

Dan berikut adalah 6 Kegiatan Menantang di Lokasi Wisata

  1. Trekking
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Kegiatan Trekking adalah kegiatan yan wajib kamu lakukan saat berkunjung ke wisata Bukit Lawang. Dikarenakan,  Bukit Lawang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser memiliki kontur tanah cenderung berbukit. Jadi, trekking yang kamu jalani enggak bakal mudah dan pasti penuh tantangan.

Selain itu, kondisi tanah di sekitar juga cenderung basah dan berlumpur layaknya jenis tanah di kawasan hutan hujan tropis. Pasti petualangan menuju hutan jadi seru dikarenakan ada acara kotor-kotoran terkena lumpur. Ditambah lagi, vegetasi di kawasan ini juga tinggi dan besar yang bikin suasana jadi terasa rimba sekali. Kalau beruntung, Anda juga bisa loh melihat Bunga Bangkai yang sedang mekar di sana.

2. Melihat satwa

Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Selayaknya objek taman nasional, Bukit Lawang ini juga menjadi habitat dari beragam satwa yang hidup secara liar. Disaat kecapekan trekking menelusuri hutan, jangan kaget ya kalau kamu lihat banyak binatang. Misalnya; Burung, Orangutan, Harimau Sumatera bahkan juga hewan Badak Sumatera.

Selain dari itu, kamu juga bisa melihat wujud asli dari Beruang Madu yang ternyata suka makan buah, bukan madu ya. Agar aman dan terhindar dari bahaya, kamu harus jaga jarak ya dengan satwa liar di sana, jangan terlalu dekat. Karena prinsipnya, kalau mereka tidak merasa terganggu, otomatis mereka akan baik saja dan cenderung cuek dengan kehadiran kita.
3. Memberi makan ke orangutan

Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Nah, kalau tadi kita sudah melihat orangutan sedang bergelayutan bebas di pohon, ternyata kamu juga bisa berada lebih dekat lagi dengan mereka. Setiap pukul 08.30 dan 15.00 WIB, penjaga kawasan sekitar akan memberikan makan orangutan di feeding station. Baca ya tata kramanya kalau kamu mau ketemuan orangutan di Bukit Lawang ini.

4. Tubing

Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Ini nih aktivitas pemacu adrenalin yang tidak kalah seru dan tidak boleh dilewatin saat berkunjung ke Bukit Lawang. Jika ingin merasakan derasnya arus Sungai Bahorok dengan menggunakan ban (tubing) kamu hanya perlu membayar seharga Rp 50.000 sampai Rp 75.000.  Semua sesuai kesepakatan Anda dan tergantung cara Anda menawar.

Untuk mulai melintasi jeram, harus melakukan trekking membelah hutan terlebih dahulu setelah itu menceburkan diri ke sungai. Jangan bingung ya kalau kamu tidak diberikan sebuah jaket pelampung karena keseruan tubing di Bukit Lawang ya justru ada di situ nyatanya: terombang-ambing di atas deras jeram air Sungai Bahorok tanpa menggunakan pelampung sama sekali.

5. Caving

Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Di dalam kawasan sekitar Bukit Lawang terdapat sebuah goa yang berisikan ribuan kelelawar sehingga goa ini dinamai Goa Kelelawar. Jarak Goa ini dengan pintu masuk Bukit Lawang kurang lebih 15 menit dengan jalan kaki.

Di dalamnya, bisa menyaksikan fenomena langit goa yang terlihat seperti berbulu yang padahal merupakan gerombolan para kelelawar yang sedang bobok cantik. Selain kelelawar, kamu juga dapat melihat kecantikan interior goa dilengkapi dengan ornament stalagnit yang sudah berusia tahunan karena terlihat sangat besar.

6. Mandi di air terjun

Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang
Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Wiih.. Basah-basahan di Sungai Bahorok saat tubing jadi merasa lengkap kalau dilanjutin dengan mandi di air terjun kan!

Di sini, terdapat sebuah air terjun yang dapat kamu jangkau tanpa kesulitan seperti trekking dahulu. Lumayan, selain penampilan air terjun yang indah dan cocok dijadiin latar gegayaan di layar kamera, air terjun ini juga rasanya sejuk banget. Arusnya juga lumayan tenang jadi bisa dijadikan tempat berenang santai sambil nenangin diri setelah jantung di gonjang di permainan trekking di atas  jeram Sungai Bahorok.

Tag: Objek Wisata Air Terjun Bukit Lawang

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.