DutaMedan.com – Gunung Sibayak Taman Hutan Raya Bukit Barisan

Gunung Sibayak ini merupakan tempat wisata alam di Tanah Karo. Gunung ini menjadi kebanggaan masyarakat Karo, di provinsi Sumatera Utara oleh para pecinta alam yang tentu saja bisa menikmati atau melihat keindahan dunia di atas awan. Bagi kamu yang benar-benar suka dengan petualangan pendakian gunung atau bisa disebut dengan mountaineering, Objek lokasi ini adalah rekomendasi kami untuk Anda dan pastinya tidak boleh dilewatkan jika mengunjungi ke kota Medan.

Gambar Gunung Sibayak

Gunung Sibayak Taman Hutan Rawa Bukit Barisan

Gunung Sibayak memiliki puncak yang menjadi salah satu tujuan para pendaki untuk mendapatkan momen indah di sana.

Gunung Sibayak ini berada di dataran tinggi Tanah Karo, provinsi Sumatera Utara. Kalau Anda ingin pergi ke sibayak, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Medan. Nah, jarak yang akan ditempuh adalah sejauh 50 km dan menghabiskan total waktu selama 2 hingga 3 jam di perjalanan. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, segera cek dan persiapkan secara baik kendaraan yang hendak dipakai. Perlu kita ketahui bahwa Tanah Karo merupakan daerah dataran tinggi sehingga jalan menuju ke sana cenderung menanjak dan berkelok. Kemampuan Anda dalam berkendara di jalanan pegunungan ini harus menjadi modal utama dan sangat penting dalam berkendara, demi menjaga keamanan bersama untuk menuju ke lokasi tersebut.

Secara umumnya, gunung Sibayak termasuk dalam kategori Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan. Sibayak memiliki beberapa puncak dan salah satu puncaknya yang tertinggi dikenal dengan sebutan Takal Kuda. Nama tersebut berasal dari bahasa Karo yang memiliki arti Kepala Kuda. Gunung Sibayak ini memiliki tinggi sekitar 2.094 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dan puncak tertinggi dari gunung sibayak terletak pada titik koordinat 97030` Bujur Timur dan 4015` di Lintang Selatan.

Jika berminat untuk mendaki ke puncak gunung Sibayak, Dapat melalui beberapa rute jalan. Yang pertama Anda bisa mengambil rute dari kota Berastagi. Nah, Perjalanan akan bermula dari jalan yang ada di belakang bukit Gundaling. Sedangkan untuk rute kedua bisa dimulai dari desa Raja Berneh. Dari rute kedua ini yang sering dilalui oleh para pendaki karena memiliki jarak tempuh yang paling cepat. Rute tersebut kita akan melewati lokasi pemandian air panas yang dikenal dengan sebutan nama Lau Sidebuk-debuk. Lokasi tempat ini bisa menjadi salah satu tempat beristirahat serta menyegarkan badan yang sudah letih. Setelah dari pemandian, tantangan berikutnya sudah berada di depan mata, tepatnya di jalur 54. Di mana jalur ini dipenuhi dengan tanjakan yang curam. Mau atau tidak mau tetap pendaki harus melewati jalur tersebut. selain itu hutan di sekelilingnya pun masih sangat alami.

Gunung Sibayak Taman Hutan Rawa Bukit Barisan

Pendakian akan melewati beberapa puncak gunung. Akan tetapi pastinya puncak gunung Sibayak yang paling banyak diminati merupakan puncak tertinggi atau disebut dengan Takal Kuda. Akan terlihat perjuangan disini akan menghabiskan banyak tenaga dan semangat. Namun, dari semua perjuangan akan terobati dengan suasana pemandangan indah membentang luas sejauh mata memandang. Nah, Ketika matahari terbit secara perlahan untuk menampakkan sinar nya, pemandangan nya tidak akan bisa terganti oleh suasana apapun. Cuaca mendung menutupi bagian bawah gunung dan membuat kita berdiri seperti berada di surga yang indah. Sinar matahari memiliki warna keemasan akan perlahan menghangatkan badan yang sudah kedinginan menjalani pagi hari. Tidak bisa di pungkiri bahwa udara di puncak sibayak pastilah terasa dingin dan menusuk tubuh.

Setelah Anda puas menikmati sunrise (matahari terbit) dari puncak gunung Sibayak, masih ada satu hal tempat yang tidak boleh dilewatkan. Turun dari puncak, Anda akan meneruskan perjalanan tepatnya ke sebuah telaga yang disebut dengan nama Telaga Putri. Menghabiskan waktu selama 30 menit perjalanan dari puncak sibayak untuk menuju ke tempat tersebut. Di lokasi itu nanti sering sekali kita diberi tahu bahwa keindahan alam ciptaan Tuhan sungguh luar biasa.

Setelah Anda puas menikmati keindahan Telaga Putri, sudah saatnya untuk kembali ke rumah. Unik dari pendakian ini yaitu ketika hendak pulang dari mendaki, kita harus turun terlebih dahulu dari telaga. Setelah itu harus naik bukit, barulah akan menemukan jalan turun ke kaki gunung Sibayak. Begitulah sedikit gambaran mengenai keindahan dari dunia di atas awan Gunung Sibayak di Tanah Karo.Tulisan ini akan bermakna jika Anda membuktikan sendiri untuk pergi ke wisata gunung sibayak.

Tag: Gunung Sibayak Taman Hutan Raya Bukit Barisan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.