DutaMedan.Com – Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara

Objek Wisata Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal banyak orang dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan berada pada ketinggian 1475 meter dpl. Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan gunung merapi Sibayak ratusan tahun silam.

Air terjun yang satu berwarna biru indah dan air yang sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau. Satunya lagi berwarna putih bening dan air terasa hangat. Kedua air terjun ini terpisah dekat oleh beberapa air terjun kecil sebagai penghias tebing.

Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Untuk warna biru diperoleh informasi adalah air terjun telaga dua warna atau telaga biru, kemungkinan disebabkan oleh air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan tanah awalnya air berwarna putih namun setelah jatuh ke telaga berubah menjadi warna biru. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab mengapa air terjun tersebut berubah menjadi biru. Sedangkan orang yang dianggap pertama sekali menemukan keajaibannya itu juga sampai sekarang belum diketahui identitasnya. Namun air terjun ini sejak dulu sudah sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa pencinta alam yang berwisata maupun camping di sekitar Bumi Perkemahan Sibolangit.

Tempat wisata alam ini memang terkesan unik. Dari namanya saja orang-orang menyebutnya Air Terjun Dua Warna, sebab air terjun turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil. Disinilah air tersebut memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih serta keabu-abuan. Setelah ditelusuri ternyata air terjun 2 warna ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dan dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang sama sekali namun jangan pernah meminum air tersebut. Selain itu, keberadaan air terjun dua warna ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian mencapai 1475 meter dari permukaan laut.

So..bagi kalian yang mencintai keindahan alam Indonesia, tunggu siapa lagi, ..saatnya kalian mengunjungi Desa Durin Sirugun di kawasan Sibolangit untuk menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna ini. – {YS}

Jenuh, penat dan stress dengan aktifitas pekerjaan sehari-hari? Maka ini saatnya Anda perlu menyegarkan diri atau refreshing dengan kembali ke hutan, menghirup udara alam segar, mendengar suara air sungai yang ria dan memanjakan mata dengan warna-warna alam yang indah. Air Terjun Dua Warna bisa menjadi pilihan Anda untuk refreshing selama hari libur. Letaknya pun tidak jauh dari Kota Medan, hanya 1 jam perjalanan saja yakni tepatnya di Bumi Perkemahan Sibolangit, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kab Deli Serdang. Dari lokasi ini kita akan mulai perjalanan masuk ke hutan atau hiking, selama 3 jam untuk sampai di lokasi air terjun dua warna. Objek wisata ini memang terkesan unik. Dari namanya saja orang menyebutnya Air Terjun Dua Warna sebab air terjun yang turun dari sungai atas akan tertampung ke dalam sebuah danau kecil dan di sinilah air tersebut memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan.

Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air terjun kedua tingginya mencapai 40 meter. Jumlah air tidak luar biasa, tapi kandungan airnya yang mengandung belerang membuat airnya berwarna biru keputih-putihan. Kandungan belerang pada air mengakibatkan lapisan lumut pada bagian batu-batu di dasar kolam jatuhan air itu berwarna putih kebiru-biruan. Halhasil, warna kolam menjadi berwarna biru terang.
Jadi, inilah rupanya yang mereka maksudkan sebagai air terjun dua warna itu. Dua air terjun dengan warna yang berbeda dan unik, yang satu biasa, dan yang satu lagi berwarna biru cerah.

Lokasi Menuju Objek Wisata Air Terjun 2 Warna

Terletak di Desa Durin Sirugun, Tepatnya di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas Menuju Objek Wisata Air Terjun Dua Warna

Berjarak tempuh sekitar 4 jam perjalanan dari kota Medan, dimana 1 jam perjalanan ke Bumi Perkemahan Sibolangit dan 3 jam selebihnya untuk perjalanan ke lokasi air terjun. Kondisi jalan untuk menuju kesana sangat sulit (Hanya dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki) dengan rute yang dilalui naik turun bukit, masuk hutan dan melewati beberapa jurang.

Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk dapat mencapai air terjun ini. Biasanya jalur yang banyak dipilih adalah jalur dari Bumi Perkemahan Sibolangit di Desa Bandar Baru. Jika Anda dari Buper ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan bermotor, menempuh jarak lebih kurang 2 km hingga sampai di posko (Warung Bang Nuel). Selanjutnya perjalanan Anda hanya bisa diteruskan dengan berjalan kaki. Kalau belum pernah berkunjung ke Telaga Biru tersebut sebaiknya memakai jasa pemandu perjalan sebagai penunjuk rute. Jasa pemandu ini tersedia di beberapa tempat pos.

Dengan menempuh rute yang naik turun dan berada di tengah hutan, kita harus ekstra hati-hati apalagi banyak jurang di kanan kiri. Awal memasuki rute hutan kita akan melewati sebuah Dam tua bekas peninggalan Belanda yang dialiri air sungai kecil. Kemudian akan menempuh jalan mendaki. Dan dengan menempuh waktu sekitar lebih kurang 3 jam kita akan sampai di lokasi Air terjun tersebut.

Tag: Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.