DutaMedan.com – Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Air Terjun Bah Biak Pematangsiantar berada tepat di dalam kawasan perkebunan teh IV, Bah Butong Sidamanik.

Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar
Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Terletak di Sebuah kecamatan yang berjarak 15 km dari kota Pematang Siantar, melalui sebuah simpang Sidamanik yang ditandai dengan SPBU dan berbelok ke arah kanan jalan. Ini adalah satu-satunya akses jalan ke kebun teh sidamanik. Dari simpang sidamanik nantinya, membutuhkan 20 menit untuk sampai di Desa Bahbutong. Jalan menuju kebun masih tidak terlalu mulus. Didesa bah butong terdapat wisata Alam berupa air terjun, dapat ditempuh selama 15 menit dari simpang bah butong. Air terjun ini bernama Bah biak. Di simalungun “Bah” berarti sungai seperti bah bolon berada di dekat kampung tomuan atau bah manik. Sama seperti kata “Lau” di tanah Karo atau “Batang” di Mandailing. Indahnya melihat bebatuan yang diukir oleh alam bertengger indah bersama alunan air bah biak berasal dari sungai kecil dan pipa-pipa pengairan PTPN IV.

Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar
Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Setelah sampai lokasi, Anda tidak dapat langsung melihat air terjun bah biak ini, karena harus turun ke bawah dengan melewati puluhan anak tangga. Jika Anda membawa kendaraan, dapat memarkirkan kendaraan atau beristirahat dan makan di sebuah warung setempat, sebelum anda turun melihat air terjun bah biak, tidak ada pungutan biaya masuk untuk dapat melihat Air Terjun Bah Biak, namun anda hanya dikenakan biaya untuk parkir kendaraan saja. Air terjun nya terlihat sangat jernih, tidak terlalu deras alirannya, sehingga memungkinkan Anda berfoto-foto tepat dibawah air terjun bah biak.

Lokasi

Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar
Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Terletak tepat di desa Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak 1 km dari kebun the Bah Butong, Kalau Anda dari Kota Medan, maka rute yang harus dilalui terlebih dahulu adalah dengan menuju kota Pematang Siantar. Biasanya akan memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung kondisi lalu lintas dan keadaan joki. Sesampai di kota Siantar, kita terus masuk ke dalam kota dan terus mengarah ke jalur menuju kota Parapat tepatnya arah Simpang 2.

Nggak jauh kok dari pusat kota Siantar, nanti kita bertemu dengan pertigaan yang ada SPBU nya. Kalau lurus ke Parapat, kalau belok ke kanan akan ke arah Sidamanik. Arah tersebut merupakan jalur utama menuju Sidamanik tepatnya ke Bah Biak.

Nah dari pertigaan perjalan ke Kebun Teh Sidamanik kira-kira memakan waktu kurang lebih 30 menit, sekitar 20 km. Perjalanan akan dihiasi dengan pemandangan sawah indah di kiri dan kanan. Walaupun ada beberapa jalan berlubang, ya tetap harus di nikmati sambil tertawa ria.

Nah dari jalur tersebut gak jauh nanti Anda belok ke kiri ke arah Kebun Teh Bah Butong. Jika Anda masih ragu, mending rajin bertanya kepada warga sekitar di mana letak kebun teh bah butong atau sekalian aja tanya mau ke air terjun Bah Biak. Nanti warga pasti akan memberitahukan. Soalnya warga sekitar kota Pematangsiantar sangat ramah dan antusias. Nah.. Sudah masuk dan ngelewati kebun teh, disana terdapat pemandangan indah diganti dengan bukit-bukit kebun teh. Wiih.. Keren pokoknya. Jalan pun mulai berubah dari aspal tadinya menjadi tanah berbatu.

Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar
Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Disana akan menjumpai tugu Bah Biak, menandakan sebentar lagi nyampe di pintu masuk air terjun bah biak. Baik, lurus saja nanti ketemu gapura, lalu masuk ke komplek. Nah disini baiknya tanya lagi dimana air terjun bah biak,  sekitar 20 menit membelah jalanan kebun teh akan sampai di pintu masuk air terjun bah biak. Parkirkan kendaraan Anda di halaman warung, cuss… Anda langsung bisa turun ke bawah menuju lokasi.

Objek wisata air terjun Bah Biak ini memang belum terkenal seperti air terjun Sipiso-piso. Air terjun Bah Biak terletak di Sidamanik, persis bersebelahan dengan kebun teh Sidamanik. Untuk dapat menuju air terjun Bah Biak anda bisa memilih 2 rute, yaitu dari Siantar dan dari Tiga Runggu. Kalau Anda dari Medan dan Parapat, bisa melalui rute Siantar karena akan lebih dekat. Sementara bagi Anda yang berada di Tanah Karo ataupun Dairi anda bisa melalui rute Tiga Runggu. Air terjun Bah Biak sangat dekat dengan jalan raya, hanya kurang lebih 1 km, lokasinya berada di jurang, Anda tidak perlu takut kehilangan kereta saat parkir, karena ada tukang parkir. Biaya parkir tarifnya Rp. 5.000 untuk kenderaan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kenderaan roda 4 dan Anda tidak perlu lagi membayar kutipan retribusi lain di sana. Jika anda sudah memarkirkan kenderaan, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun Bah Biak di bawah jurang. Dengan berjalan kaki, jaraknya hanya sekitar 300 meter dari lokasi parkir. Namun Anda harus hati-hati karena jalan menuju air terjun ini sangat curam dan juga licin. Setelah sampai dilokasi air terjun Anda bisa istirahat sejenak di pondok-pondok yang disewakan para pedagang yang berada di lokasi Sidamanik Bah Biak atau jika sudah tidak sabar anda bisa langsung membasahi tubuh Anda dengan air yang jatuh dari bebatuan tersebut.

Tag: Objek Wisata Air Terjun Bah Biak di Pematangsiantar

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.